Berikan Bimbingan Mental, LPPM Unisba Fakultas Dakwah Ajarkan Psikoterapi Sufistik

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba) Fakultas Dakwah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Sabtu (3/4/2021).

Tim PKM Dosen Fakultas Dakwah memberikan pembinaan mental melalui psikoterapi sufistik berbasis Al Quran dan Hadist di masa pandemi Covid-19 bagi peserta sekolah ibu.

Salah seorang pemateri Tim PKM Dosen Fakultas Dakwah Dr Ida Afidah, DRA., M.Ag mengatakan, psikoterapi sufistik berbasis Al Quran dan Hadist yaitu penyembuhan mental dengan pendekatan tasawuf melalui rehat jiwa dan pemulihan batin.

Baca Juga:  IPO Sebut Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Berat Maju ke Pilpres 2024

Lebih lanjut, dia menjelaskan, psikoterapi sufistik dapat memotivasi melakukan hal yang benar, mengurangi tekanan emosi dan stress dapat mengembangkan potensi dirinya, aktif dan produktif.

“Diharapkan dengan materi ini peserta dapat memahami dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari hari,” kata Ida kepada jabarnews.com, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga:  Sediakan 56 Juta Kursi, Tiket Mudik Lebaran DAMRI sudah Bisa Dipesan

Sementara itu, N. Sausan Muhammad Sholeh Lc, M.A menyampaikan, pembahasan mengenai Al Quran dan Dzikir sebagai penenang hati diharapkan dapat memberikan pencerahan.

“Pembahasan Al Quran tersebut supaya peserta senantiasa ingat bahwa Al Quran dan zikir menjadi solusi dalam menenangkan jiwa,” ucap Sausan.

Dia mengungkapkan, peserta sekolah ibu dapat mempraktekkan gerakan-gerakan refleksi diri. Sehingga, sambung Sausan, berpengaruh pada ketenangan karena setiap gerakan-gerakan ini diiringi dengan zikir.

Baca Juga:  Mahfud MD Tanggapi Tindakan Wakil Ketua DPRD Depok Injak Sopir Truk di Jalan Raya

“Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini mereka dapat praktek sendiri dan mengajarkannya kepada yang lain,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan PKM tersebut juga diisi beberapa pemateri seperti Dr Rodliyah Khuza’i, DRA dan Asep Ahmad Siddiq, Drs., M.Si serta dibantu tim mahasiswa Taufiq, Iqbal, Ratu, Hibalia. Mitra PKM adalah sekolah ibu Kecamatan Coblong dibawah naungan Rumah Keluarga Indonesia. (RNU)