Bolehkah Charge HP Semalaman? Simak Penjelasan Ini!

JABARNEWS | BANDUNG – Ada anggapan bahwa baterai HP bisa cepat rusak karena charge HP dilakukan semalaman. Lantas, apakah anggapan itu benar?

Anggapan charge HP semalaman bisa bikin baterai bocor sebenarnya sudah ada sejak lama. Dulu, hal itu memang sering terjadi, di mana charge HP kelamaan bisa bikin baterai mengembung.

Namun, ketika HP sudah semakin pintar dan canggih, lalu namanya berubah jadi smartphone, sebetulnya charge HP semalaman tak akan membuat baterai jadi rusak. 

Baca Juga:  Pemkot Bandung dan Polrestabes Dorong Warga Terus Aktifkan Siskamling

HP pintar saat ini sudah dibekali dengan sebuah chip bernama Power Management Integrated Circuit (PMIC). PMIC berfungsi untuk mengatur aliran listrik yang masuk ke HP. 

Chip itu juga berfungsi untuk memantau proses charge HP. Saat data baterai HP sudah terisi penuh, PMIC dapat memutus arus listrik yang masuk. 

Artinya, charge HP semalaman tidak akan membuat baterai menjadi rusak. Saat baterai sudah penuh, daya listrik yang secara otomatis akan terhenti, meski charge HP terus dilakukan.

Baca Juga:  Tim Monitoring Jabar Sebut Pelaksanaan PTMT di Kota Bandung Sangat Baik, Benarkah?

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena charge HP bisa membuat HP menjadi panas, sebaiknya charge HP jangan dilakukan di tempat yang tidak tahan panas.

Selain itu, baterai HP juga punya siklus. Apabila ia sudah mencapai batas maksimal siklus charge HP, performa baterai memang akan menurun, sehingga baterai HP cepat habis.

Baca Juga:  Mendag: Supply Daging Akan Terus Kita Dorong

Selain soal charge HP semalaman, ada pula anggapan bahwa charge HP sambil menelepon akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai HP. Sebetulnya, tak masalah charge HP sambil menelepon.

Namun, pengisian baterai jadi lebih lama, karena listrik yang digunakan buat charge HP jadi tak optimal. Listrik mengalir ke HP, tapi baterai HP terus terpakai untuk menelepon. (Red)