Berkah Libur Paskah, Wisata di Lembang Bandung Barat Kembali Ramai

JABARNEWS | BANDUNG – Libur panjang Hari Raya Paskah membawa berkah bagi para pelaku usaha wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Hingga Minggu (4/4/2021), kunjungan wisatawan di Lembang, Bandung Barat mengalami peningkatan, meski belum seperti libur panjang pada kondisi normal. 

Kendaraan luar daerah yang masuk kawasan Lembang pun meningkat dibanding hari biasanya, meski pemerintah telah mengimbau untuk tak bepergian ke luar daerah guna menekan penyebaran kasus Covid-19.

Sejumlah tempat wisata favorit di Lembang, Bandung Barat, dipadati pengunjung dari luar daerah. Di antaranya ialah Floating Market, Farm House, The Great Asia Africa dan Gunung Tangkuban Parahu.

Baca Juga:  Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat Pada Malam hingga Dini Hari, Ini Kata BMKG

Public Relation PT Perisai Grup yang menaungi beberapa tempat wisata di Lembang, Intania Setiati mengatakan, terjadi peningkatan pengunjung antara 10-15 persen pada libur Paskah kali ini.

Dia memperkirakan, masyarakat tak mau melewatkan momen libur panjang di awal April ini. Apalagi, selama ini masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah.

“Betul sudah mulai ada peningkatan kunjungan wisatawan tapi belum terlalu signifikan, kira-kira hanya 10-15 persen dibanding weekend  biasa atau saat bukan libur panjang,” kata Intan.

Baca Juga:  Proyek Cirebon Power Datangkan Rezeki Bagi Penjahit

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung, pihaknya memastikan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti pengecekan suhu tubuh serta wajib bermasker.

Dia menyatakan, libur panjang kali ini menjadi momentum kebangkitan pariwisata Lembang setelah hampir satu tahun sepi pengunjung akibat pandemi. Meski belum normal, ia kunjungan wisatawan dapat terus meningkat.

“Sekarang kami mulai rasakan pergerakan kunjungan wisatawan, mudah-mudahan cepat kembali normal seperti dulu lagi,” katanya.

Baca Juga:  PR Buat Ineu Purwadewi Sundari

“Paling tidak, dengan digencarkan vaksin dari pemerintah bisa menjadi satu harapan baru agar mobilitas manusia, khususnya sektor pariwisata bisa berangsur-angsur kembali normal,” jelasnya.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto menyebutkan, selama tiga hari berturut-turut terjadi lonjakan kendaraan hingga 40 persen yang mengarah ke kawasan wisata Lembang dari luar daerah. 

“Hari Minggu ini mereka balik ke daerah asalnya. Diperkirakan sekarang masih ada wisatawan yang berkunjung ke Lembang, tapi hanya lokal dari sekitar wilayah Bandung saja,” terang Sudirianto. (Yoy)