Bagaimana Menghilangkan Virus Pada HP Oppo? Begini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada beberapa permasalahan yang sering timbul pada perangkat ponsel, salah satunya virus. Virus yang masuk ke dalam sebuah perangkat dapat merusak sistem sehingga perangkat tidak bisa lagi digunakan semestinya.

Bahkan ada beberapa kasus, sebuah virus dapat mencuri data pribadi penggunanya. Pada umumnya virus ini menyerang berbagai ponsel, salah satunya ponsel merk Oppo.

Biasanya ada beberapa virus yang sering menyerang ponsel Oppo, seperti Shedun, Shuanet, ShiftyBug, Kloning Aplikasi, Hummingbad, dan Cyber.Police.

Namun, bagaimana cara menghilangkan virus tersebut pada Oppo? Jika salah satu virus tersebut terlanjur masuk ke ponsel Oppo, segera lakukan langkah untuk menghilangkan virus seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Baca Juga:  5 Strategi Ini Dijamin Bikin Karyawan Nyaman Bekerja Dikantor

Pertama, Boot Ponsel dalam Safe Mode, boot pada ponsel membuat ponsel mulai bekerja dengan sistem operasi awal tanpa mengaktifkan aplikasi pihak ketiga. Untuk melakukan ini kamu harus menekan tombol power dan ketika muncul opsi shutdown atau restart, tahan dan tekan tombol sampai ponsel mati dan opsi reset muncul.

Setelah masuk ke dalam safe mode, masuk ke menu pengaturan aplikasi. Setelah itu pilih menu Apps. Di dalam menu Apps, bisa memilih dan melepas aplikasi yang mencurigakan. Jika sudah selesai kamu bisa mulai restart ponsel dan masuk ke mode normal.

Baca Juga:  Pembentukan Panmus P3SRS Apartemen Kalibata City Dead Lock

Kedua, Install Aplikasi Anti Virus dan Virus Malware, salah satu bentuk perlindungan terhadap ponsel Oppo adalah dengan menginstal antivirus dan anti malware. Misalnya Avast Mobile Security yang tersedia di Play Store.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk melindungi ponselmu. Jalankan aplikasi setelah terpasang, lalu tekan Get Started.

Setelah ini maka akan muncul menu utama, cari tombol Scan untuk memindai virus pada perangkat ponselmu. Dalam proses ini bukan cuma virus saja yang terdeteksi namun, jenis ancaman lainnya pun akan ketahuan pula.

Jika proses pemindaian selesai, Avast akan menampilkan hasil scanning yang ditemukan. Jika terdapat virus dan ancaman yang berpotensi merusak perangkat, selanjutnya tap Resolve untuk menyelesaikan masalah virus dan ancaman-ancaman tersebut.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Terduga Pengedar Sabu di Cirebon

Kedua, Lakukan Factory Reset, selanjutnya untuk menghilangkan virus yang mengancam ponselmu adalah dengan cara Factory Reset. Factory Reset adalah mode mengembalikan sistem ponsel ke sistem bawaan pabrik.

Tindakan Factory Reset dilakukan jika ponsel sudah tidak bisa dipulihkan dengan cara-cara menghilangkan virus di atas. Melakukan Factory Reset akan membuat semua data dan aplikasi yang terinstal pada ponsel terhapus termasuk virus dan ancaman-ancaman lainnya. Jadi sebelum melakukan Factory Reset, backup data terlebih dahulu. (Red)