Gempa Kembali Guncang Pulau Samosir Danau Toba

JABARNEWS | TOBA SAMOSIR – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 2.7 guncang pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (5/4/2021) pukul 23.32 WIB.

Data analisis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa berlokasi di titik koordinat 2.59 LU dan 98.83 BT pada jarak 16 KM Tenggara Samosir di kedalaman 10 Km.

Baca Juga:  Peringati Hari Peduli Autisme Sedunia, Uu Ruzhanul Ulum Sampaikan Pesan Ini

Seorang pedagang, J Damanik mengatakan, gempa bumi terjadi disekitar danau Toba dan pulau Samosir tidak berdampak terhadap masyarakat dan wisatawan.

“Masyarakat tidak tau ada gempa beruntun di danau Toba, selian itu tidak ada getaran dirasakan masyarakat maupun wisatawan,” ucapnya, Senin (6/4/2021).

Ditempat terpisah, Duty BMKG Medan, Resa Idha mengatakan, penyebab terjadinya gempa di perairan danau Toba dan pulau Samosir adalah gempa bumi tektionik yang disebabkan oleh sesar lokal. Dengan magnitudo kecil ini pada umumnya tidak memiliki dampak merusak kepada bangunan maupun dirasakan oleh manusia.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Ditutup, Ini Kata GPK Jabar

“Gempa magnitudo kecil pada umumnya tidak memiliki dampak kerusakan kepada bangunan dan dirasakan manusia,” ucapnya.

Dijelaskannya, kami dari BMKG menghimbau kepada masyarakat di sekitar danau Toba untuk tidak panik dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab terkait terjadinya gempa di perairan danau Toba akan meletusnya gunung Toba.

Baca Juga:  Ini Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui

“Isu mengatakan gempa terjadi di danau Toba tertanda akan meletusnya gunung Toba, itu isu hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,’ bilang dia. (Ptr)