Jelang Ramadhan, Disdagin Kota Bandung Cegah Kenaikan Harga Pangan

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengecek harga dan stok pangan menjelang bulan Ramadan yang jatuh pada pertengahan April 2021.

“Menjelang Ramadan pemeriksaan pangan di pasaran harus dilakukan untuk mencegah kenaikan harga komoditas tersebut,” ujar Elly Wasliah, Kepala Disdagin Kota Bandung, Senin (5/4/2021)

Rencananya Rabu (7/4/2021) ia bersama Wali Kota Bandung bakal melakukan pengecekan ke sejumlah gudang dan pasar.

Baca Juga:  Dishub Jabar Lakukan Audiensi dengan Perkumpulan Supir Angkutan Umum

“Rencana kami akan meninjau ke gudang Bulog yang ada di Gedebage, bagaimana ketersediaan beras, minyak goreng, terigu, gula, semuanya yang ada di Bulog juga, berikut harganya, setelah dari Bulog kami akan lanjutkan meninjau ke gudang ritel, toko swalayan,” katanya.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan guna mencegah adanya penimbunan stok pangan yang bakal menyebabkan kenaikan harga. Dalam hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polrestabes Bandung.

Baca Juga:  Ternyata Makanan Dan Minuman Ini Memiliki Kadar Kafein Yang Tinggi

Apabila nantinya ada kenaikan harga komoditas pangan, menurutnya pihaknya akan langsung menelusuri penyebabnya dengan melalui koordinasi dengan daerah produsen.

“Misalnya ada kenaikan harga ayam, misalnya, kami akan mengecek ke daerah produsennya di Ciamis, berapa harganya ketika sampai Bandung, kalau misalnya ditemukan ada pihak yang mengambil keuntungan, berarti ada yang bermain,” kata Elly.

Baca Juga:  Kadiskominfo Jabar: Kepedulian Pemerintah Daerah Terhadap Keterbukaan Informasi Publik Perlu Ditingkatkan

“Kalau kenaikannya wajar ya kita tidak akan melaporkan, tapi kalau yang tidak wajar ini yang kita harus laporkan,” tambahnya.

Selain ke gudang dan toko swalayan, dia mengatakan pihaknya pada Kamis (8/4) akan melakukan juga pengecekan ke Pasar Sederhana, Bandung. Dia pun akan mengecek harga cabai yang disebut mulai menurun di pasaran. (Red)