Mau Jalankan Usaha di Bulan Ramadhan? Perhatikan Hal Penting Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadhan hingga Idul Fitri di Indonesia begitu terasa istimewa dengan penantian harapan penuh berkah bagi umat Islam.

Bulan Ramadhan di Tahun 2021 pun sebentarlagi akan segera tiba, bagi kalian yang mau memulai usaha, sekarang ini adalah saat yang tepat.

Banyak peluang usaha yang bisa dijalankan untuk usaha saat Bulan Ramadhan. Mengingat banyak kebutuhan masyarakat pun menjadi meningkat, bahkan sekalipun harga barang cenderung tinggi. Itulah sebabnya, memulai bisnis disaat Ramadhan adalah keputusan yang tepat.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis di bulan puasa Ramadhan, berikut sejumlah hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Jumat 9 Desember 2022

Pertama, kecermatan sangat diperlukan untu bisa usaha yang potensial saat Bulan Ramadhan, sehingga bagi pemula pun kejelian dalam kecermatan bisa memberikan keuntungan

Contohnya, usaha kuliner di mana banyak orang membutuhkan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa. Atau, usaha busana muslim di mana banyak orang akan membeli pakaian muslim untuk beribadah dan merayakan Lebaran.

Kedua, pilih usaha yang bisa dijlankan untuk jangka panjang, hal itu perlu dilakukan, jika berniat untuk terus menjadikan bisnis sebagai mata pencaharian utama, maka mulailah bisnis yang bisa dikembangkan untuk jangka panjang.

Baca Juga:  Nelayan di Nias Utara Dilaporkan Hilang saat Mencari Ikan di Laut

Contohnya, usaha katering rumahan. Di mana saat Ramadhan, Anda menyediakan menu buka puasa dan sahur. Namun, setelah Ramadhan berakhir, Anda bisa mengembangkan katering untuk acara kantor, resepsi pernikahan, dan sebagainya.

Ketiga, buat rencana target yang jela, mengingat apapun jenis usaha yang dijalankan, buatlah rencana dengan matang. Tentukan pula target yang ingin dicapai, agar bisnis bisa berjalan dengan terarah.

Jika Anda menjalankan bisnis offline, maka cari tempat usaha yang strategis, tentukan waktu operasional usaha, dan buat strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Anda perlu memikirkan semuanya, meskipun bisnis selama Ramadhan hanya sebagai usaha sampingan.

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja Tekankan Pentingnya Pembangunan Rendah Karbon, Ini Katanya

Keempat, bagi kalian yang muslim, perhatikan kesehatan selama Ramadhan. Anda akan menjalankan puasa selama lebih dari 12 jam. Ini dapat membuat tubuh menjadi lemah dan menurunkan semangat kerja.

Supaya Anda mampu menjalankan bisnis sambil menunaikan kewajiban beribadah, maka jangan sampai telat berbuka puasa dan juga pastikan Anda mengonsumsi makanan sahur yang cukup dan bergizi.

Nah, itulah beberapa tips penting dalam memulai bisnis di bulan puasa. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang akan segera memulai usaha di bulan suci Ramadhan. Kiranya, rezeki Anda berlimpah di bulan yang penuh berkah ini. (Red)