Sosialisasikan Pencegahan Pelanggaran Kode Etik, MKD RI Sambangi DPRD Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat menerima, kunjungan kerja Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI di Gedung DPRD Jabar, Senin (5/4/2021).

Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka, pelaksanaan fungsi MKD RI yaitu pencegahan pelanggaran kode etik DPR RI.

Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat dalam sambutannya mengapresiasi, kunjungan kerja Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) RI ke DPRD Jabar.

“Kami merasa terhormat, dan berbangga menerima kunjungan Ini pertama kalinya kami menerima kunjungan dari MKD RI. Terkait kunjungan MKD ke DPRD Jabar dalam rangka pelaksanaan fungsi MKD yaitu pencegahan pelanggaran kode etik DPR RI, tentunya kami menyambut baik,” kata Taufik.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Barat Serahkan Penanganan Kebakaran TPA Sarimukti ke Pemprov Jabar

Dia memaparkan, dalam upaya menjaga martabat dan kehormatan DPRD sebagaimana yang dilakukan oleh MKD RI pada DPRD Jabar tugas tersebut saat ini dilakukan melalui Badan Kehormatan (BK).

BK DPRD Jabar beranggotakan 10 orang. Merupakan perwakilan dari 10 partai politik yang memperoleh kursi di DPRD.

Taufik memandang, upaya MKD RI dalam melakukan sosialisasi terkait tugas dan wewenang yang melibatkan sejumlah lembaga termasuk, DPRD, Kepolisian, Kejaksaan Tinggi Jabar menjadi hal yang sangat strategis.

Baca Juga:  Jadwal Bioskop Kota Bandung CGV Hari Ini Senin 15 Agustus 2022

Sehingga pihaknya pun akan mendukung penuh terkait upaya yang tengah dilakukan oleh MKD RI.

“Sepenuhnya kami dukung, utamanya bagi kami yang juga berupaya untuk menjaga marwah DPRD Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Taufik mengungkapkan, DPRD Jabar belum memiliki kode etik secara khusus untuk saat ini tata beracara masih menggunakan tata tertib DPRD dan sejumlah inovasi.

Salah satu inovasi yang telah dilakukan Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jawa Barat adalah BK Award.

Baca Juga:  PKM Fakultas Dakwah Unisba Sasar Pengelola Pariwisata di Lembang

Taufik berharap, melalui kunjungan kerja MKD RI dapat menjadi ajang pembelajaran, bertukar pikiran untuk mendapatkan serta menggali informasi terkait penegakan kode etik, dan tata beracara di MKD RI.

“Kami DPRD Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk menjaga integritas lembaga perwakilan rakyat di daerah dalam upaya penegakan etika dan hukum. Kedatangan MKD RI akan menjadi bagian dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” tutupnya. (RNU)