Jamin Pasar UMKM, Hipmikindo Jabar Bakal Gandeng Bank BJB

JABARNEWS | BANDUNG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Provinsi Jawa Barat dan Bank BJB siap memfasilitasi serta menjamin pasar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Head Group Bisnis Divisi UMKM BJB, Doddy Irawadi mengatakan, para pelaku UMKM tidak usah khawatir untuk mendapatkan pangsa pasar. Sebab, selama ini yang menjadi hambatan bagi para pelaku UMKM yakni kepastian pasar.

“Nah, kami bekerjasama dengan beberapa perusahaan agar pelaku UMKM ini bisa mendapatkan kepastian pasar,” kata Doddy seusai Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Hipmikindo Jabar di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga:  Operasi Patuh Lodaya 2023, Polres Purwakarta Edukasi Masyarakat Soal Ini

Dalam merealisasikannya, dia mengaku siap menjalin kerjasama dengan Hipmikindo Jabar untuk memfasilitasi pasar bagi pelaku UMKM.

“Mungkin kedepannya kami bisa kolaborasi dengan Hipmikindo,” tuturnya.

Doddy mengungkapkan bahwa karena bank memiliki keterbatasan dan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator. Namun, dalam pelaksanaannya dia berharap bisa bekerjasama dengan Hipmikindo untuk teknisnya.

Baca Juga:  Begini Hasil Konsolidasi Kapolres Sumedang Dengan KPU

“Tetapi yang pasti ada keterbatasan yang diatur dalam SOP. Karena memang telah diatur oleh OJK,” ungkapnya.

“Kami dan Hipmikindo siap mendukung dan kami pun berharap dengan kolaborasi dan sinergi yang terjalin agar pelaku UMKM mendapatkan akses tidak hanya pembiayaan tetapi juga akses pemberdayaan dari BJB,” tambahnya.

Doddy menyampaikan, pihaknya telah beririsan dengan beberapa offtaker yang mungkin akan dikolaborasikan dengan Hipmikindo.

Baca Juga:  Gara-gara Masih Ada Utang, Kubah Masjid Al Jabbar Terancam Dibongkar

“Jadi kami sudah 2 tahun bekerjasama dengan perusahaan offtaker yang membentuk ekosistem dari hulu ke hilir,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Himakindo Jabar Ayda Gurning menyatakan, pihaknya akan mengupayakan untuk menjalin kerjasama dengan Bank BJB untuk membantu para pengusaha UMKM.

“Mudah-mudahan kita kedepannya bisa berupaya untuk bekerjasama dengan BJB, Terus terang saja walaupun UMKM di Jawa Barat ini perkembangannya sungguh luar biasa sampai 4,6 juta,” tutupnya. (RNU)