Meski Pasokan Terbatas, Bupati Ciamis Sebut Warga Antusias Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | JAKARTA – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan antusias warga menjalani vaksinsasi Covid-19 sangat tinggi, meski paksokan vaksin hanya terbatas.

“Antusias warga Ciamis yang minta divaksinasi tinggi. Hanya saja pasokan dari pemerintah pusat kurang, sehingga jumlah vaksin terbatas,” ujar Herdiat Selasa (6/4/2021).

Pada awalnya, Herdiat mengaku khawatir akan adanya warga Ciamis yang menolak vaksinasinas, akan tetapi pada saat ini, warga banyak yang mengajukan permohonan agar segera divaksinasi.

Baca Juga:  Hore! Hardiknas 2022, Pemprov Jabar Perbolehkan Study Tour dan Perpisahan Sekolah

“Saat ini kami terus mengajukan penambahan vaksin kepada Pemprov Jabar. Tapi mau bagaimana lagi, kita hanya menerima, jadi kepada masyarakat dimohon bersabar,” tutur Herdiat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan ketersediaan vaksin Sinopharm di Ciamis hanya 4.000 dosis saja. Itu pun hanya untuk penyuntikan kedua bagi pelayan publik dan lansia.

“Jadi persediaan vaksin yang ada itu sudah teralokasikan untuk penyuntikan kedua. Untuk yang baru belum ada karena memang belum ada droping dari Jabar,” kata Bayu.

Baca Juga:  Musim Kemarau, Sungai Cikeruh Majalengka Bawa Berkah Untuk Warga

Bayu membenarkan antusiasme warga Ciamis untuk mendapat vaksin cukup tinggi. Bukan hanya di wilayah perkotaan saja, tapi juga terjadi di puskesmas-puskesmas.

“Sekarang kita sudah mengajukan 10 ribu vial vaksin atau sekitar 100 ribu orang, tapi sampai saat ini belum ada kiriman lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Puluhan Murid TK Datangi Mapolsek Wanayasa

Bayu mengemukakan target saat ini sebanyak 210 ribu orang. Namun yang terealisasi baru 20 ribu orang atau hanya 10 persennya. Sedangkan berdasarkan target 70 persen total penduduk atau 800 ribu orang baru hanya 2,5 persen.

“Kecepatan vaksinasi kita bisa sampai 11 ribu orang per hari dengan 110 vaksinator. Meski begitu sekarang tinggal ketersediaan vaksinnya saja,” ucap Bayu. (Red)