Berikan Cara Sukses Jadi Pemimpin, Ema Sumarna: Kuncinya Ada Lima

JABARNEWS | BANDUNG – Jabatan yang dimilki merupakan titipan yang harus dijaga dengan amanah dan dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Sehingga ketika manusia menerima titipan tidak lantas membuatnya menjadi orang yang sombong.

Hal tersebut ditegaskan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan bagi pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Selasa (6/4/2021).

“Ketika diberikan amanah semaksimal mungkin kepercayaan ini harus kita laksanakan sebaik-baiknya sesuai tugas pokok dan fungsi tanggung jawab. Ini harus menjadi renungan agar merunduk tidak sombong dengan jabatan yang dititipkan kepada kita,” kata Ema.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Wanadri Bantu Cegah Covid-19 Dengan Budayakan Aktivitas Alam

Di samping itu, dia juga menyebutkan ada lima kunci kesuksesan yang menjadi pedoman agar selamat dalam menjalankan tugas dan kewajiban yaitu sifat sukses yang dimiliki Rasulullah SAW.

“Kunci sukses itu ada lima, jika kita ingin selamat dunia dan akhirat yaitu sifat sukses yang dimiliki Rasulullah SAW yakni siddiq, amanah, fathonah, tabligh, serta bersyukur,” ucapnya.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, kepada para pejabat untuk tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diamanatkan pimpinan. Pejabat juga harus selalu meningkatkan kualitas kecerdasan baik spiritual, emosional maupun intelektualnya.

Baca Juga:  DPD RI Pilih Kawal Kebijakan Daerah Ketimbang Hal Ini

“Pejabat harus meyakini bahwa kesuksesan itu atas kehendak Allah SWT. Kepercayaan yang dititipkan jangan disia-siakan, meningkatkan kualitas kecerdasan baik IQ, EQ maupun EQ dan juga mencerdaskan warga masyarakat serta pandai bersyukur sebagai refleksi dalam implementasi kehidupan,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, dia pun meminta kepada para pejabat untuk bisa segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi di tempat baru nya dan melakukan kinerja yang lebih baik lagi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Tegaskan Tak Punya Wewenang Tentukan Capres dan Cawapres, Presiden Jokowi: Saya Bukan Pak Lurah!

“Segera hadirkan kinerja yang jauh lebih baik, jangan terlalu lama berlindung dalam kata adaptasi. Kepada para pejabat baru apabila ingin melaksanakan kegiatan mohon untuk memperhatikan prokes jangan sampai melaksanakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang. Lebih baik online saja atau dengan jumlah orang yang terbatas. Saya tidak akan mengizinkan dan merekomendasikan itu,” jelasnya.

Pada pelantikan kali ini, ada sekitar 20 pejabat di lingkungan Sekda Kota Bandung yang mengikuti acara serah terima jabatan baik itu karena rotasi, mutasi maupun promosi terkait dengan adanya perubahan struktur organisasi. (Red)