Live Stream Bandung 132 TV


Program JKP, Korban PHK Akan Dapat Bantuan Uang Tunai Selama Enam Bulan

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Pemerintah tengah mematangkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi pekerja di Indonesia yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Jaminan Kehilangan Pekerjaan tersebut merupakan salah satu program yang diatur dalam Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja pada 2020 lalu.

Baca Juga:

Awas! Tiga Provinsi Ini Jadi Target Pengamanan Mudik Lebaran

Kabar Baik! Pertamina Tambah Pasokan LPG di Jawa Barat, Ini Lokasinnya



Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menggodok aturan bantuan tunai selama 6 bulan bagi pekerja yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Peserta akan mendapatkan uang tunai 45 persen dari upah untuk tiga bulan pertama dan 25 persen dari upah untuk tiga bulan berikutnya. Ini diberikan paling lama enam bulan," ujar Ida, saat rapat bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR/MPR, Rabu (7/4/2021).

Dengan kebijakan itu, misalnya gaji peserta JKP sebelum di PHK adalah sebesar Rp5 juta, maka dia bisa akan mendapat 'gaji' sebesar Rp2,25 juta selama 3 bulan. Kemudian, dalam 3 bulan berikutnya memperoleh Rp1,25 juta atau 25% dari gaji sebelum terkena PHK.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : PHK Pemutusan Kerja Menaker Bantuan Korban PHK Tenaga Kerja Bantuan Tenaga Kerja Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Perdagangan Forex Malaysia 2021

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi