Kapal Pengangkut Pakan Ikan Tenggelam di Jatiluhur Purwakarta, Ini Penyebabnya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kapal Motor (KM) UDJ yang mengangkut pakan ikan tenggelam di Perairan Danau Jatiluhur tepatnya di Zona IV Kampung Citerbang, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (7/4/2021).

Kepala Satuan Polisi Perairan (Kasatpolair), AKP Jajang Sukandar mengatakan, insiden tersebut terjadi diduga akibat kelebihan muatan.

Dijelaskannya, saat itu, Kapal motor milik Herman yang di nahkodai Amin (30) beserta Anak buah kapal Tanu (30) dan Agus (40) yang mengangkut sebanyak 150 Karung Pakan Ikan sekira berat 7,5 Ton yang dibawa dari Jatiluhur menuju kolam ikan di daerah kampung Madang, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari.

Baca Juga:  Pemuda di Purwakarta Diringkus Polisi karena Mencuri Burung

“Saat di tempat kejadian Kapal yang kelebihan muatan dan adanya angin kencang serta gelombang air atau ombak besar yang mengakibatkan kapal motor yang mengangkut pakan ikan tersebut terbalik lalu tenggelam,” ucap Jajang, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Rabu (7/4/2021).

Baca Juga:  Polda Jabar Lakukan Tes Psikologi Seleksi PAG kepada 350 Peserta

Warga yang tengah melintas di lokasi tersebut menolong dan melaporkan kejadian tersebut kepada Satpolair Polres Purwakarta guna melakukan penyelidikan serta evakuasi korban selamat dan barang bukti berupa Kapal motor yang tenggelam dan Pakan Ikan.

“Petugas dari Satpolair Polres Purwakarta langsung terjun ke lokasi. Semetara ratusan pakan ikan yang diangkut kapal tersebut karung ada yang tenggelam ke dasar danau, dan ada yang terapung dipermukaan air,” tutur Jajang.

Baca Juga:  Pencarian Korban Longsor Purwakarta Dilanjutkan Hari Ini

Atas peristiwa tersebut, Pemilik Kapal dan Pakan ikan mengalami kerugian sekira kurang lebih Rp. 50 juta rupiah.

“Kerugian ditaksir mencapai Rp. 50 juta rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Nahkoda beserta anak buah kapal berhasil diselamatkan,” pungkasnya. (Gin)