Stok Sembako Dipastikan Aman, Warga Kota Bandung Diminta Bijak dalam Belanja

JABARNEWS | BANDUNG – Ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Bandung menjelang Ramadhan 1442 Hijriah, dipastikan aman. Masyrakat diminta bijak dalam berbelanja dan tidak berlebihan agar harga komoditas bisa terjaga.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, sudah mengkonfirmasi ke gudang Bulog, para distributor pangan dan sejumlah gudang ritel untuk memastikan ketersediaan stok pangan.

Baca Juga:  Distan KP Kota Bandung Lepas 120 Petugas Kesehatan Hewan Kurban

“Perlu kami tegaskan kembali stok atau ketersediaan semua komoditas dalam kondisi aman dan tersedia. Tidak hanya menjelang Ramadhan tapi insya Allah sampai Idul Fitri,” kata Elly, Rabu (7/4/2021).

Saat ini, kata Elly, harga bahan pangan di pasar tradisional masih relatif stabil. Sekalipun terdapat kenaikan, masih dalam batas wajar sehingga belum memerlukan intervensi melalui Operasi Pasar Murah (OPM). Harga telur misalnya, masih di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi).

Baca Juga:  Pemkot Tasik Akan Bangun Desa Wisata

Setiap Kamis, tim dari Disdagin Kota Bandung terjun ke lapangan untuk memantau harga. Dari komoditas cabai rawit merah yang sebelumnya melejit kini justru perlahan sudah mulai menurun di bawah Rp100.000 per kilogram dengan batas paling bawah di kisaran Rp80.000 per kilogram.

Baca Juga:  Foto Underwater Di Tempat Wisata Alam Mata Air Sirah Cipelang Sumedang

“Kenapa bisa turun? Itu karena bulan April ini beberapa produsen cabe rawit merah memasuki masa panen. Mudah-mudahan sampai nanti ini masa panen masih cukup panjang,” ujarnya.

Elly mengimbau kepada para pelaku perdagangan tak coba-coba untuk menimbun barang. Dia memastikan Tim Satgas Pangan yang dikomandoi oleh Polrestabes Bandung akan mengincar para penimbun. (Red)