Live Stream Bandung 132 TV


Terharu, Begini Cerita Ridwan Kamil Saat Mendesain Masjid Syeikh Ajlin Palestina

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peletakan batu pertama secara virtual pembangunan kembali Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina, dari Gedung Pakuan Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terharu Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina akhirnya bisa mulai dibangun kembali setelah tujuh tahun lalu hancur oleh Israel. Dia menjadi arsitek pembangunan masjid atas permintaan lembaga Aman Palestin.

"Dalam perjalanannya memang emosional. Kalau saya mendesain masjid di Indonesia problemnya sedikit. Tapi disana (Palestina) itu luar biasa. Saya punya kesaksian, barang siapa memulai membangun masjid mau cepat atau lambat insya allah semuanya selesai," kata Ridwan Kamil saat peletakan batu pertama yang dilakukan virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga:

Tumbuhkan Budaya Sepeda di Kota Bandung, Yana Mulyana: Kurangi Polusi dan Kemacetan

Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala, TNI Minta Bantuan Singapura dan Australia



Dia menjelaskan masjid yang dirancangnya menyimbolkan kemajuan pada zaman sekarang sesuai keinginan masyarakat setempat dan penggagas. Ridwan Kamil kemudian menyimbolisasikan nilai-nilai Islam ke dalam geometri yang terdiri dari tiga titik.

Struktur tertinggi di tengah yaitu habluminallah, sementara di kiri dan kanan ada hablumminannas dan hablumminalalam. Maknanya kehidupan manusia harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia dan mencintai alam.

Dalam mendesain, Ridwan Kamil memberikan empat pilihan gambar yang kemudian dipilih masyarakat setempat. “Dalam perjalanannya akhirnya dipilih gambar yang ada di depan,” jelasnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Ridwan Kamil Masjid Syeikh Ajlin Palestina Arsitektur Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Dukung Pemekaran Provinsi Cirebon, Ini Alasan DPD RI

Penggemukan Domba Dinilai Dapat Dorong Kesejahteraan Peternak

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi