Terharu, Begini Cerita Ridwan Kamil Saat Mendesain Masjid Syeikh Ajlin Palestina

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terharu Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina akhirnya bisa mulai dibangun kembali setelah tujuh tahun lalu hancur oleh Israel. Dia menjadi arsitek pembangunan masjid atas permintaan lembaga Aman Palestin.

“Dalam perjalanannya memang emosional. Kalau saya mendesain masjid di Indonesia problemnya sedikit. Tapi disana (Palestina) itu luar biasa. Saya punya kesaksian, barang siapa memulai membangun masjid mau cepat atau lambat insya allah semuanya selesai,” kata Ridwan Kamil saat peletakan batu pertama yang dilakukan virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga:  Siapkan Anggaran Rp15 Miliar, Pemkab Garut Bangun Mal Pelayanan Publik

Dia menjelaskan masjid yang dirancangnya menyimbolkan kemajuan pada zaman sekarang sesuai keinginan masyarakat setempat dan penggagas. Ridwan Kamil kemudian menyimbolisasikan nilai-nilai Islam ke dalam geometri yang terdiri dari tiga titik.

Struktur tertinggi di tengah yaitu habluminallah, sementara di kiri dan kanan ada hablumminannas dan hablumminalalam. Maknanya kehidupan manusia harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia dan mencintai alam.

Baca Juga:  Awas! Penipuan Berkedok Petugas UPT Puskesmas Malangbong

Dalam mendesain, Ridwan Kamil memberikan empat pilihan gambar yang kemudian dipilih masyarakat setempat. “Dalam perjalanannya akhirnya dipilih gambar yang ada di depan,” jelasnya.

Ridwan Kamil merasa tersanjung mendapat kepercayaan dari Aman Palestin untuk merancang desain masjid. “Tentulah itu adalah sebuah kehormatan,” ucapnya.

Ridwan Kamil berharap pembangunan kembali Masjid Syeikh Ajlin dapat mengembalikan kejayaan bangsa Palestina yang selalu didukung muslim di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia selalu mencintai Palestina. Kita akan selalu berada di belakang mereka. Saya menggunakan imajinasi untuk mendesain masjid ini agar kita bisa mengembalikan kebanggaan Palestina,” ungkapnya.

Baca Juga:  Herrie Mundur, Soler Jadi Asisten Pelatih

Masjid Syeikh Ajlin akan dibiayai oleh bangsa Indonesia melalui pengumpulan dana dari berbagai pihak. Ridwan Kamil mengajak siapapun yang memiliki rezeki untuk ikut menyumbang membantu pembangunan.

“Mari atas nama kemanusiaan dan ukhuwah islamiyah kita bantu shodaqoh, infaq dan lain-lainnya dengan cara langsung atau digital untuk menggenapkan kemuliaan seluruh pembangunan ini. Saya juga mengajak perusahaan-perusahaan untuk turun tangan,” tutupnya. (RNU)