Klaim Vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat Tertinggi, Ridwan Kamil Belum Puas

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan agar pasokan vaksin tetap berjalan dengan baik, agar vaksinasi Covid-19 terus terlaksana.

Apalagi, saat ini program vaksinasi Covid-19 secara massal terus digenjot oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, guna memenuhi target mencapai 100 ribu penyuntikan tiap pekan.

Menurut Ridwan Kamil, realisasi vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat saat ini mencapai 62 ribu per pekan. Jumah itu diklaim sebagai yang tertinggi di Indonesia.

“Untuk ukuran realisasi (vaksinasi Covid-19), Jawa Barat ini paling tinggi di Indonesia. Tapi, untuk ukuran kami belum puas, karena faktor populasinya besar, hampir 50 juta jiwa,” kata Ridwan Kamil, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga:  Chacha Frederica Pilih Berhijab

Di tengah upaya itu, Ridwan Kamil mengaku khawatir dengan isu distribusi dari negara pembuat vaksin terkendala. Ia mencontohkan, India yang mengeluarkan kebijakan proteksi. 

“Ini Kemenlu sedang melobi hingga mudah-mudahan tidak terganggu suplai ke kita, sehingga Biofarma yang punya kapasitas ratusan juta dosis itu bahannya jangan sampai terhenti,” katanya.

Baca Juga:  Besok ASN serta Pelajar di Purwakarta Akan Berpakaian Ala Santri

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Kementerian BUMN menyelenggarakan vaksinasi massal selama dua bulan ke depan di Eldorado Convention Hall di Kota Bandung. 

Di tempat itu, target vaksinasi bisa menyentuh angka 5.000 penyuntikan setiap hari. Sentra vaksinasi tersebut akan menjadi pilot project untuk sentra vaksinasi di daerah Jabar. 

“Mudah-mudahan targetnya tercapai. Poinnya jangan hanya BUMN. Pengusaha swasta juga yuk bergabung untuk membuat sentra vaksinasi massal agar herd immunity tercapai,” kata dia.

Baca Juga:  Soal Penghasilan, Messy Dan Ronaldo Kalah Telak Dari Petinju Ini

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sentra vaksinasi tersebut adalah hasil kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Tujuannya, ialah untuk membantu percepatan vaksinasi nasional. Sentra vaksinasi di Eldorado Convention Hall menjadi sentra vaksinasi keempat yang dihadirkan Kementerian BUMN. 

“Tentu sangat berharap dengan membuka sentra vaksinasi ini kita bisa mendorong para lansia dan pelayan publik bisa dipercepat penyuntikannya,” ucapnya. (Yoy)