Kukuhkan Karedok Jadi Desa Wisata, Begini Harapan Uu Ruzhanul Ulum

JABARNEWS | SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengukuhkan Desa Karedok sebagai Desa Wisata, Kamis (8/4/2021). Desa Karedok terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Desa Karedok menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya adalah upacara-upacara adat yang bisa memikat wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Mulai dari Ngabeungket, Tutup Buku Guar Bumi, sampai Mapag Sri.

Selain itu, Desa Karedok memiliki cerita rakyat yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung, yakni menyajikan kuliner karedok, mulai dari karedok leunca, karedok terong, sampai karedok kacang panjang.

Baca Juga:  Ini Alasan Dedi Mulyadi Ajukan Sanggabuana Jadi Taman Nasional

“Pemda Provinsi Jabar berusaha meningkatkan ekonomi secara merata. Setiap daerah harus ada progres, antara lain dengan desa wisata,” kata Uu Ruzhanul Ulum.

Menurutnya, Desa Karedok pun memiliki homestay yang nyaman buat wisatawan. Dengan begitu, dia optimistis wisatawan akan betah tinggal di Desa Karedok.

“Ada homestay, rumah-rumah dipakai istirahat wisatawan. Sehingga wisatawan betah datang ke situ, terutama wisatawan keluarga,” ucapnya.

Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, desa-desa di Jabar memiliki potensi wisata yang besar. Pemandangan indah dan kekayaan budaya menjadi salah satu daya tarik desa-desa di Jabar.

Baca Juga:  Jabat Presiden Mahasiswa UIA, Nauval Ingatkan Peran Penting Mahasiswa dalam Pemilu 2024

Oleh karena itu, Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, Pemda Provinsi Jabar menargetkan setiap kabupaten/kota di Jabar memiliki 10 desa wisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa, menyebut pembentukan desa wisata merupakan implementasi pembangunan yang dilakukan lewat pendekatan bottom-up.

Hari pun meminta Pemda Provinsi Jabar untuk meningkatkan dan memperbaiki aspek 3A, yakni

aksesibilitas, amenitas, dan atraksi (aspek 3A), di Desa Wisata Karedok.

Baca Juga:  Sudah Sembilan Tahun Bocah Ini Derita Penyakit Langka

“Ada kerajinan tangan dari bambu, batok kelapa, belum lagi kuliner, hingga atraksi kesenian adat yang dapat ditampilkan,” ucap Hari.

Kepala Desa Karedok Intan Wikarya Putra berharap dengan peresmian tersebut, kesejahteraan dan perekonomian di desanya akan meningkat. “Dengan adanya pembangunan desa wisata, ini adalah pemanfaatan potensi yang ada,” tuturnya.

“Dengan semangat tinggi kerja keras, kuat, dan kerja ikhlas, tetap bersemangat warga Desa Karedok swadaya untuk membentuk desa wisata dan desa mandiri,” tutupnya. (RNU)