Gempa Bumi di Aceh Barat Daya, Guncangan Terasa di Mandailing Natal

JABARNEWS | ACEH – Gempa bumi dwngan kekuatan magnitudo 4.1 guncang Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, Jumat (9/4/2021) pukul 15.11 WIB.

Data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa berlokasi di titik koordinat 3.41 LU dan 96.90 BT pada jarak 44 Km Baratdaya, Kabupaten Aceh Barat Daya dikedalaman 28 KM.

Baca Juga:  Ramai Wacana KLB di Partai Demokrat

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya disebabkan oleh aktivitas subduksi yang berada di bagian Barat Pulau Sumatera.

Baca Juga:  Konflik Internal, Sekda dan Pj Walikota Bekasi 'Pabaeud-baeud'

Hasil monitoring BMKG sampai pukul 15.35 WIB tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

BMKG merilis, berdasarkan laporan masyarakat, dampak gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4.1 tersebut dirasakan di Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Baca Juga:  Buruan, Masih Ada Tiket Mudik

Kepala BPBD Kabupaten Mandailing Natal, M Yasir Nasution tidak berhasil dikonfirmasi terkait guncangan gempa yang sempat diraskaan masyarakat Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. (Ptr)