Live Stream Bandung 132 TV


Seharian Amati Hilal, Tim Observatorium Bosscha Gagal Deteksi Bulan

Tim Observatorium Bosscha melakukan pengamatan hilal di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Dok. Observatorium Bosscha)

JABARNEWS | BANDUNG BARAT - Para peneliti Observatorium Bosscha tidak mendapati hilal atau bulan sabit muda penanda awal Ramadhan, dalam kegiatan pengamatan yang dilakukan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (12/4/2021). 

Peneliti Observatorium Bosscha, Yatny Yulianty menyatakan, hasil pengamatan tersebut telah langsung disampaikan ke Kementerian Agama yang menggelar sidang isbat.

Baca Juga:

Jelang Libur Lebaran, FK3I Jabar Ingatkan Pemerintah Daerah Perhatikan Dua Hal Ini

Masa Larangan Mudik, Terminal Cicaheum Bandung Tetap Dibuka



"Observatorium Bosscha melaporkan hilal tidak berhasil teramati hingga terbenamnya bulan pada pukul 18:08 WIB. Cuaca dalam keadaan mendung merata memberikan halangan untuk mendeteksi sabit bulan tipis," kata dia saat dihubungi melalui telepon.

Dia menjelaskan, hilal ialah bulan sabit muda yang bisa diamati setelah matahari terbenam dan setelah konjungsi. Konjungsi terjadi pada pukul 9.30 WIB, lalu matahari terbenam pada pukul 17:49 WIB, atau sekitar 17 menit sebelum bulan terbenam. 

"Jadi, yang bisa disebut hilal adalah ketika matahari sudah terbenam, ketika tadi, pukul 17.49 WIB. Kalau bulan sabit terlihat pada saat itu, artinya itu sudah bisa disebut hilal. Kalau sabit teramati sebelum matahari terbenam, itu masih belum bisa disebut hilal, disebutnya itu ya sabit muda," tuturnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Observatorium Bosscha Hilal Sidang Isbat Lembang Bandung Barat

berita terkait

Tim SAR Datangi Tangkuban Parahu Lembang, Ada Apa?

Harga Tomat Dan Cabe Rawit Di Bandung Anjlok, Petani Berharap Ini

Tiga Tempat Wisata Lembang Bandung, Cocok Untuk Liburan Lebaran

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi