Tiga Amalan Sederhana Yang Sering Dilakukan Rasulullah Pada Bulan Ramadhan

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu bulan yang penuh berkah dan ampunan, banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala yang jumlahnya begitu berlipat ganda jika dibandingkan dengan bulan biasanya.

Hal tersebut biasanya dilakukan dengan cara amal yang biasanya dilakukan secara rutin di bulan Ramadhan ini. Tentunya hal tersebut bisa kalian coba sebagai salah satu kegiatan rutin pada saat bulan puasa.

Namun kalian juga harus hati-hati dalam menjaga sikap dan perbuatan kalian pada saat berpuasa. Pasalnya hal tersebut bisa mengakibatkan puasa kalian menjadi tidak mendapatkan pahala.

Baca Juga:  Duh! Satu Orang Positif Covid-19, Pegawai BPKAD Sergai Test Swab Massal

Oleh sebab itu, berikut kami rangkum beberapa amalan yang biasa dilakukan rasulullah saat bulan Ramadhan, diantaranya yakni:

Pertama. Puasa – Pada bulan Ramadhan, puasa menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan oleh semua kaum muslim yang mampu. Setiap amalan di bulan Ramadhan akan dilibatkan mulai dari 10 kali lipat hingga 700 kali lipat kecuali puasa. Sebab, Allah sendiri yang akan membalasnya.

Baca Juga:  10.200 Personel Amankan Asian Games 2018

Tentunya Kalian warga muslim seharusnya begitu memanfaatkan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini untuk menambah pahala dan amal kebaikan, dengan cara melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan ini.

Kedua. Membaca Al-quran – Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan khusus yang bisa kalian gabungkan dengan puasa. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu amalan yang bisa kalian lakukan ketika bulan Ramadhan.

Pada bulan Ramadhan juga dianjurkan untuk seluruh kaum Muslimin untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an sebagai salah satu amalan bulan Ramadhan. Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini berbeda dengan di hari-hari lainnya. Sebab, keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan adalah satu huruf yang dibaca bernilai sepuluh kebaikan.

Baca Juga:  Gomez Dukung Perkembangan Sepakbola Wanita

Ketiga. Memperbanyak Sedekah – Meski bisa dilakukan pada bulan-bulan lainnya, namun dengan memperbanyak sedekah pada bulan Ramadhan akan memiliki keistimewaan tersendiri. Jika dilakukan secara rutin selama satu bulan penuh, amalan bulan Ramadhan ini akan menjadi kebiasaan baik yang bisa dilanjutkan di bulan-bulan selanjutnya. (Mal)