Live Stream Bandung 132 TV


Bulan Depan, Bibit Vaksin Merah Putih Buatan Eijkman Siap Diproduksi Massal

Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung. (Foto: Itimewa)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menerangkan bibit vaksin merah putih buatan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bakal dikirim ke PT Bio Farma (Persero) pada Mei 2021.

“Kami fokus pada ekspresi yeast atau protein rekombinan yang diperkirakan bibit vaksinya sudah bisa diberikan sekitar bulan Mei atau bulan depan, mudah-mudahan ini bisa terpenuhi,” kata Bambang secara Virtual dalam Workshop Pengawalan Vaksin Merah Putih, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga:

Ridwan Kamil: Pemudik Kami Prioritaskan Melakukan Tes Covid-19

Hari Terakhir Penyekatan Mudik, Arus di Jalur Bandung-Garut Kembali Normal



Bambang menerangkan PT Bio Farma (Persero) sudah siap memproduksi massal bibit vaksin yang berasal dari platform protein rekombinan tersebut. Hanya saja, PT Bio Farma tidak menyanggupi produksi massal platform bibit vaksin yang berdasar pada ekspresi mamalia milik Eijkman.

"Untuk ekspresi mamalia sebenarnya bibit vaksinya sudah siap tetapi Bio Farmanya belum siap menangani eksrepsi mamalia,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp400 miliar untuk mendukung pengembangan vaksin dalam negeri pada tahun ini.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Vaksin Indonesia Eijkman Produksi Massal Vaksin Vaksinasi Covid-19 Virus Corona Jabarnew s Berita Jawa Barat berita terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi