Jabat Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan Dihadapkan PR Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Hengky Kurniawan dihadapkan pada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang belum rampung ketika ia ditugaskan menjadi Plt Bupati Bandung Barat menggantikan Aa Umbara Sutisna. Kini, PR itu harus bisa diselesaikan oleh Hengky.

Salah satu PR yang harus dibereskan Hengky adalah di antaranya proses vaksinasi Covid-19.

Suami Sonya Fatmala itu mengakui salah satu fokusnya setelah ditunjuk menjadi Plt menggantikan posisi Bupati Aa Umbara untuk sementara waktu adalah penanganan Covid-19 yang di dalamnya terdapat proses vaksinasi.

Baca Juga:  Satgas Ciliwung Berhasil Temukan Limbah Medis Berasal Dari Rumah Warga

“Sebenarnya kalau jangka pendek kita fokus ke penanganan Covid-19. Jadi proses vaksinasinya kita geber, kita minta beberapa pihak swasta membantu,” kata Hengky, Selasa (13/4/2021).

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB), dari target 143.180 orang lansia baru sebanyak 2,5 persennya atau sekitar 3.579 orang saja yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Eisenhower Sitanggang melalui Kepala Bidang P2P mengatakan kendala pelaksanaan vaksinasi untuk lansia yakni keterbatasan jumlah dosis vaksin yang diterima.

Baca Juga:  Tiap Tahun Pasti Ada Temuan Kasus HIV-AIDS di Purwakarta

“Sampai saat ini untuk lansia baru 2,5 persen dari target 143.180 orang. Sasarannya banyak tapi vaksinnya yang terbatas,” terangnya.

Rendahnya vaksinasi Covid-19 untuk lansia juga disebabkan banyak yang meminta vaksinasi ditunda waktunya menjadi setelah bulan Ramadhan. Hal tersebut karena para lansia menyebut ingin fokus beribadah pada malam hari.

“Sebetulnya waktu vaksinasi itu fleksibel. Hanya saja untuk lansia mesti melihat kondisi kesehatan mereka, bisa pagi atau malam. Tapi kalau malam dari beberapa laporan Puskesmas lansia ini ingin fokus beribadah,” jelasnya.

Baca Juga:  165 Desa Di Subang Gelar Pemilihan Kepala Desa Serentak

Belum lagi jatah vaksin untuk lansia ada yang dialihkan terlebih dahulu untuk pelayan publik. Saat ini persentase pelayan publik di Bandung Barat yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 mencapai 68,5 persen.

“Jadi jatahnya itu berebut antara yang untuk lansia dan untuk pelayan publik. Pelayan publik itu targetnya 60.388 orang, sampai saat ini baru 68,5 persen atau 41.365 orang yang sudah (divaksinasi),” bebernya. (Red)