Warga Kabupaten Bandung Tewas oleh Longsor, Ini Peringatan BNPB

JABARNEWS | BANDUNG – Seorang warga dilaporkan meninggal dunia setelah tertimbun longsor dari tebing sawah setinggi 30 meter di Desa Neglasari, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Longsor tersebut terjadi setelah hujan mengguyur pada Minggu (11/4/2021), di mana kondisi tanah labil terdapat di sekitar lokasi longsor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati menyampaikan hal tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga:  Jabatan Pangdam III/Siliwangi Diserahterimakan

“Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung telah melakukan assessment dan berkoordinasi dengan aparat setempat,” kata Raditya Jati. 

Dia melanjutkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi prakiraan cuaca yang menyebutkan bahwa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Pemkab Pangandaran Lelang Tiga Jabatan Esselon II

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan waspada cuaca ekstrem bagi sejumlah wilayah meliputi Aceh, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

“Menyusul adanya informasi prakiraan cuaca dari BMKG tersebut, maka masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:  Robert Albert: Cedera Abdul Aziz Jadi Kekhawatiran Terbesar Saya

Dalam hal ini, ia meminta seluruh pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat juga diharapkan dapat mempersiapkan segala hal yang dianggap perlu untuk mengantisipasi adanya dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, dan pohon tumbang. (Red)