Awas! Jangan Nekat Mudik, Polda Jabar Siapkan 338 Pos Penyekatan

JABARNEWS | BANDUNG – Polda Jabar menyiapkan sebanyak 338 pos penyekatan di seluruh wilayah hukum pada saat libur Lebaran nanti.

Hal tersebut sebagai antisipasi masih adanya pemudik yang maksa atau kucing-kucingan dengan petugas untuk bisa pulang kampung.

“Totalnya kami siapkan 338 pos penyekatan untuk menghadang pemudik saat libur lebaran nanti,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri di Mapolres Cimahi, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga:  Warga Garut Keluhkan Jalan Kabupaten Penghubung Desa Rusak Parah

Dia meminta, untuk tahun ini sebaiknya yang akan mudik mengurungkan niatnya. Ini dikarenakan pandemi Covid-19 masih berlangsung, sehingga dikhawatirkan ada lonjakan penularan ketika mobilitas masyarakat tinggi.

Dofiri mencontohkan pada saat libur akhir tahun lalu, setelahnya terjadi lonjakan penularan Covid-19 yang signifikan. Hal itu dikhawatirkan kembali terjadi ketika mobilitas orang untuk mudik ke kampung halaman tidak dibatasi.

Baca Juga:  Ini Gejala Kanker Limfoma Yang Mesti Diwaspadai, Diantaranya Batuk

Makanya pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik dari 6-17 Mei 2021.

Memang untuk di wilayah Jabar sendiri, trend kasus Covid-19 ada indikasi menurun selama penerapan PPKM mikro dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung: Struktur Deskranada Bukan Hanya Seremonial

Untuk angka keterisian kamar di rumah sakit (BOR) juga turun yakni hanya tinggal 43 persen. Jauh dibawah angka standar minimal yang ditetapkan PBB yakni 53 persen.

“Jadi untuk tahun ini mudiknya ditahan dulu, lakukan silaturahmi secara daring untuk menghindari penyebaran Covid-19,” tutupnya. (Red)