Mengenal Sejarah Istana Batu Tulis Bogor, Tempat Istirahat Bung Karno

JABARNEWS | BANDUNG – Terkenal karena memiliki banyak sejarah Kemerdekaan Indonesia. Di Bogor tak heran jika banyak terdapat tempat dan peninggalan bersejarah yang hingga saat ini bisa kita kunjungi, Salah satunya yakni Istana Batu Tulis.

Istana Batu Tulis merupakan salah satu tempat bersejarah yang berkaitan erat dengan presiden pertama kita yaitu Soekarno. Hal tersebut tentunya sangat menarik untuk kita kunjungi sebagai tempat wisata.

Baca Juga:  Soal Pergeseran Tanah Di Desa Batulawang Cianjur, Ini Kata Dinas PUPR

Sebenarnya, Istana Batu Tulis menjadi salah satu tempat yang tertutup untuk umum. Namun, sewaktu-waktu tempat tersebut bisa juga kalian kunjungi sebagai tempat wisata sejarah yang menarik.

Selain itu, Istana Batu Tulis tersebut adalah tempat yang dimiliki oleh keluarga Soekarno. Jadi dengan kata lain, Istana tersebut bukan milik pemerintahan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini tertutup.

Baca Juga:  Ibu, Jangan Lupa Jaga Kesehatanmu Juga Ya

Padahal jika membicarakan sejarahnya, dahulu tempat yang sekarang istana Batu Tulis berdiri merupakan perkampungan kecil yang dulunya pernah ditempati Abraham van Riebeeck saat berkunjung ke Buitenzorg tahun 1702.

Ditambah lagi daerah satu ini memiliki pemandangannya yang sangat indah, daerah Batutulis juga memiliki nilai-nilai historis mengenai keberadaan Keraton Pakuan Pajajaran yang dulu pernah berkuasa di Tatar Sunda dan juga letak Prasasti Batutulis ditemukan.

Baca Juga:  Disidak, 2 SPBU Di Kota Bandung Tertangkap Basah Curangi Konsumen

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa bapak Proklamator kita membeli tanah tersebut hanya untuk digunakan sebagai gedung peristirahatan. Bagi yang masih penasaran untuk melihat langsung.

Kalian bisa datang ke tempat yang berlokasi di Jalan Batutulis No. 54, Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat. Dengan begitu kalian bisa langsung sampai di Istana Batu tulis ini. (Mal)