Tiga Keutamaan Bersedekah Saat Bulan Suci Ramadhan, Bisa Bikin Tenang

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan kemuliaan. Untuk setiap Muslim yang menjalankan ibadah dan amalan di bulan Ramadhan akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan di Bulan Ramadhan adalah bersedekah. Sesuai dengan Hadist dari At-Turmudzi dari Anas yang artinya “Sedekah paling utama adalah sedekah Di Bulan Ramadhan.”

Bersedekah, juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT. “Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi).

Baca Juga:  Siaga!...Obor Rakyat Padam, Indonesia Barokah Menyala

Hal tersebut, bisa kita lihat dari keutamaan bersedekah saat Bulan Ramdhan. Diantaranya:

Pertama. Selalu Lapang Dada – Orang yang bersedekah akan mendapatkan kelapangan dada dan hati yang bahagia.

Hal ini diumpamakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, sebaliknya.” (HR. Bukhari).

Baca Juga:  Jangan Terlalu Sering Memandikan Bayi, Ini Penjelasannya

Kedua. Bebas Dari Siksa Kubur – Bagi setiap warga muslim yang memberikan sedikit rezekiya kepada orang yang membutuhkan, dan dilakukan pada bulan Ramadhan dipercaya bisa menghindarkan dirinya dari siksa kubur.

Hal tersebut tak terlepas dari Sabda Nabi Muhammad SAW yakni “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani). Dengan begitu kalian bisa melakukan amalan ini ketika Bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Sambangi Lokasi Banjir di Indramayu, Uu Ruzhanul Ulum Soroti Puluhan Ribu Pengungsi

Ketiga. Sebagai penghapus dosa – Bagi orang yang bersedekah, akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat. Rasulullah SAW bersabda “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Namun, dosa dapat diampuni apabila disertai pula dengan taubat. Allah SWT berfirman “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf ayat 99). (Mal)