Ridwan Kamil Minta Pemda Optimalkan Sumber Dana Lain, Siasati Keterbatasan APBD

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) di Provinsi Jabar mengoptimalkan sumber pendanaan pembangunan di luar APBD. Ini ditempuh untuk menyiasati keterbatasan APBD.

Permintaan tersebut disampaikan Ridwan Kamil di sela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar Tahun 2021 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Kota Bandung, Senin (12/4/2021).

Dalam kegiatan yang juga digelar secara virtual tersebut, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan, pembangunan seluruh daerah di Jabar tahun 2022 masih bertemakan pemulihan ekonomi.

Baca Juga:  Cahaya Misterius Muncul Pada Subuh 1 Ramadhan

“Semua aspirasi sudah didengar. Tahun 2022 temanya tetap tentang pemulihan seiring dengan yang dilakukan pemerintah pusat. (Pandemi) Covid-19 ini dampaknya masih panjang, sehingga fokus pada pemulihan menjadi tema besarnya,” tutur Kang Emil.

“Oleh karenanya, saya titipkan tadi, urusan aspirasi membangun ini jangan hanya mengandalkan APBD, tadi delapan pintu sudah saya tunjukan,” lanjut Kang Emil menegaskan.

Baca Juga:  PPKM Batasi Operasional Tempat Usaha, Pedagang di Lembang Mengeluh

Dia memaparkan, delapan pintu sumber pendanaan selain APBD, di antaranya APBN, CSR, dana umat maupun obligasi daerah. Kalau hanya mengandalkan APBD, kata Kang Emil, akselerasi pembangunan tidak akan maksimal.

Dia mencontohkan salah satu pembangunan tanpa dana APBD tahun ini, yakni pembangunan fasilitas kesehatan yang bakal segera dimulai.

Baca Juga:  Kejari Purwakarta Lakukan Pendampingan Anggaran Covid-19

Menurutnya, proses dan mekanisme pembiayaan serta teknis pembiayaan seperti itu bisa diterjemahkan ke bidang lain, seperti membangun sekolah, jembatan, mengaspal jalan.

“Kemudian, soal pariwisata, Pak Menteri menyampaikan kita fokus pada pariwisata lokal, penguatan akses, promosi, dan lain lain. Kemudian indeks- indeks kita bersepakat dengan Bappenas agar realistis tapi tetap dalam suasana yang optimis,” katanya. (Red)