Antisipasi Pemudik, RT dan RW di Cimahi Diminta Siapkan Ruang Isolasi

JABARNEWS | CIMAHI – Pengurus RT dan RW di Kota Cimahi sebagai bagian dari Tim Satgas COVID-19 kelurahan diminta bersiaga dan menyiapkan ruang isolasi guna menghadapi kedatangan pemudik bandel dari luar daerah. 

Pemerintah pusat sendiri sudah menerbitkan larangan untuk mudik Lebaran 2021 sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19. Aturan tersebut berlaku mulai 6 sampai 17 Mei mendatang. 

Baca Juga:  Bocah Tenggelam di Waduk Jatiluhur Ditemukan Tak Bernyawa

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, tim Satgas COVID-19 tiap kelurahan akan ditugasi melakukan pemantauan kedatangan tamu ataupun pemudik dari luar daerah yang bakal berlebaran di Cimahi. 

“Kalau yang dari luar daerah ke Cimahi tentu nanti kita cek, salah satunya kan dengan PPKM skala mikro. Nanti dilaksanakan oleh lurah, RW, dan RW, mereka harus monitor,” kata Ngatiyana, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga:  Sepanjang Agustus, Bencana Hidrometeorologi Masih Mendominasi di Indonesia

“Kalau ada pendatang kita imbau untuk lakukan isolasi dulu apalagi yang datang dari daerah jauh. Lalu nanti akan kita lakukan swab test. Tugas RW dan RT untuk menyediakan ruang isolasi,” kata Ngatiyana menambahkan. 

Ngatiyana sendiri sudah meminta agar masyarakat dan ASN Cimahi untuk tidak melakukan mudik lebaran sejak jauh-jauh hari. Hal tersebut bahkan sudah dituangkan dalam surat edaran menindaklanjuti arahan pemerintah pusat. 

Baca Juga:  Mochamad Iriawan Sebut Belum Temukan Kendala Berarti di Piala Menpora

“Di sini saya sampaikan kita sudah membuat edaran pada ASN dan masyarakat tidak boleh mudik. Sudah disampaikan ke kelurahan sampai tingkat RT dan RW,” tegasnya. (Yoy)