Pembebasan Lahan Tol Cigatas Ditargetkan Selesai Tahun Ini

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Plh Bupati Tasikmalaya Mohamad Zen mengaku sudah berkoordinasi dengan tim dari pusat tersebut. Proses melengkapi data pun terus dikebut, karena berpacu dengan waktu.

Sebelumnya, Tim pembangunan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) dari pusat sudah terjun ke Kabupaten Tasikmalaya. Antara lain untuk memastikan proses pembebasan tanah.

Baca Juga:  Wanita Rentan Cedera Akan 4 Jenis Olahraga Ini

“Pembebasan lahan buat tol Cigatas harus selesai tahun ini. Pada 2022 sudah mulai pembangunan. Karena targetnya kan tol ini selesai 2024,” kata Zen, Rabu (14/4/2021).

Dia mengungkapkan, empat kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya akan terlintasi tol Cigatas. Antara lain Kecamatan Salawu, Cigalontang, Singaparna, dan Padakembang.

Menurut Zen, peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya untuk pembangunan tol Cigatas adalah menunjang segi pemenuhan data. Teknisnya akan melibatkan pemerintah kecamatan dan desa juga.

Baca Juga:  Presiden Teken Keppres, 27 Juni 2018 Hari Libur Nasional

“Karena endingnya kan pasti di desa. Jadi kami meminta desa untuk proaktif. Jangan sampai ada kendala-kendala yang bisa mengganggu kelancaran pembebasan lahan hingga pembangunan,” jelasnya.

Baca Juga:  Begini Cara Mengusir Monyet Liar Yang Masuk Pemukiman Warga

Zen sangat berharap masyarakat turut berperan aktif dalam pembangunan Cigatas. Karena jalan ini akan menjadi pantik ekonomi Kabupaten Tasikmalaya.

“Bagaimanapun Cigatas adalah akses yang mempermudah potensi Tasikmalaya menjadi layak jual ke daerah-daerah lain. Sekarang kan akses kita susah. Nanti dari Jakarta bisa langsung ke Tasikmalaya,” tutupnya. (Red)