Mandailing Natal Sumatera Utara Diguncang Gempa Tektonik

JABARNEWS I MANDAILING NATAL – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik bermagnitudo 3,7 guncang Kabupaten mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu (14/4/2021) pukul 22.00 WIB.

Data BMKG, episenter gempa berlokasi di titik koordinat lokasi 1.01 LU dan 99.50 BT yang berlokasi di darat pada jarak 16 Km Barat Laut Kabupaten Mandailing Natal pada kedalaman 2 Km.

Baca Juga:  Ini Manfaat Dari Daun Pandan Wangi, Diantaranya Atasi Asam Urat

Plt Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati mengatakan, gempa tektonik magnitudo 3.7 dirasakan sebagian masyarakat Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Guncangan dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda ringan yang menggantung bergerak, misalnya lampu gantung.

Baca Juga:  Mahfud MD Dipanggil ke Istana Presiden

“Dampak gempa dirasakan sebagian masyarakat di Panyabungan,” terangnya, Kamis (15/4/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Mandailing Natal, M Yasir Nasution mengatakan, guncangan gempa bumi bermagnitudo 3,7 dirasakan sebagian masyarakat Kecamatan Siabu.

“Guncangan gempa dirasakan sebagian masyarakat di Siabu,” katanya.

Baca Juga:  Kalau Tidak Menanam, Seumur-umur Impor Bawang Putih

Menurut dia, terkait gempa bumi terjadi terus menerus dan cuaca masih ekstrim, ia minta masyarakat agar waspada terutama yang tinggal di perbukitan dan sekitar tebing.

“Himbauan agar masyarakat waspada sudah kita sampaikan melalui radio, terkait gempa bumi dan cuaca ekstrim,” ucap Yasir. (Ptr)