Menikmati Keindahan Alam Di Tempat Wisata Kebun Teh Cipasung Majalengka

JABARNEWS | BANDUNG – Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan dinginnya Lembang di Bandung dan menawannya Puncak di Bogor. Ada salah satu tempat wisata di daerah Majalengka, yaitu Kebun Teh Cipasung atau disebut juga dengan Perkebunan Teh Culamega yang berada di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih.

Kebun teh ini berada di lereng kaki Gunung Cakrabuana dan berjarak sekitar 58 hingga 59 km dari pusat kota Majalengka. Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk mencapai Kebun Teh Cipasung dari Kota Majalengka. Perjalanan dari Tasikmalaya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak 48 km, sedangkan perjalanan dari Bandung dapat ditempuh hanya sekitar 45 menit dengan jarak 18 km dari Simpang Pamoyan.

Baca Juga:  Di Balik Sejarah Klub Everton Ada Tragedi Heysel

Kebun Teh Cipasung ini yang berada di lahan sekitar 59 ha ini dikelola dengan baik oleh salah satu koperasi yang ada di Cipasung, yaitu Koperasi Buana Mukti. Selain kebun teh, di area ini juga didirikan pabrik pengolahan atau pengeringan daun teh yang telah dipetik, sehingga apabila musim panen telah tiba, maka daun teh yang baru dipanen dapat langsung diproses.

Tak heran jika Kebun Teh Cipasung menjadi salah satu ladang rejeki bagi penduduk sekitar dan akhirnya menjadi tempat wisata yang patut dikunjungi. Sejuknya udara pegunungan dan bebas polusi, indahnya pemandangan alam, serta suasana yang tenang menjadi jaminan yang dapat Anda dan keluarga peroleh setelah menjalani aktivitas di tengah hiruk-pikuk dan polusi yang semakin meningkat di perkotaan.

Baca Juga:  TNI AL Vaksinasi Massal Masyarakat Pesisir Pantai Labu Deli Serdang

Pada akhir pekan wisatawan yang berkunjung banyak dari luar Majalengka, seperti Indramayu, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, Garut, dan Kuningan, bahkan ada pula wisatawan yang berasal dari Bandung, Bogor, Depok, dan Jakarta. Jika libur panjang tiba, wisatawan yang berkunjung ke Kebun Teh Cipasung dapat terdiri atas rombongan kecil dan besar, seperti rombongan komunitas sepeda dari Kota Cirebon.

Baca Juga:  Panglima TNI Turunkan Babinsa Untuk Distribusikan Paket Obat Covid-19 Gratis

Tiket masuk yang dikenakan oleh pihak pengelola kepada para pengunjung untuk menikmati hamparan kebun teh yang luas ini, hanya Rp 10 ribu per orang. Sangat murah sekali bukan? Selain wisatawan lokal, Kebun Teh ini juga menarik perhatian wisatawan asing.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas umum, seperti area outbond, area parkir, mushola, toilet, dan penginapan. Pihak pengelola mengenakan tarif parkir sebesar Rp 5 ribu untuk kendaraan bermotor. Jika Anda tidak ingin repot atau lupa menyiapkan bekal, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan menjumpai warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. (Mal)