Live Stream Bandung 132 TV


BMKG: Memasuki Musim Kemarau, Lahan Pertanian Perlu Penanganan Khusus

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi (kanan) didampingi Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut sebagian wilayah Indonesia mulai memasuki musim kemarau pada Mei 2021 atau bertepatan dengan musim tanam kedua tahun ini sehingga pengolahan lahan pertanian perlu penanganan khusus.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal dalam webinar Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi (Pataka) tentang ketahanan pangan nasional yang dipantau di Jakarta, Kamis, (15/4/2021) mengatakan penanaman padi di musim tanam kedua yang bertepatan dengan musim kemarau masih bisa dilakukan di beberapa wilayah yang masih memiliki curah hujan lebih tinggi ataupun daerah yang memiliki sistem irigasi.

Baca Juga:

Anoy Roz Beri Tips Olahraga Fitnes Yang Cocok Untuk Penyandang Disabilitas

Nekat Mudik Dini Hari, 15 Kendaraan Diputarbalikan di Pos Penyekatan Kadipaten



"Yang kami sampaikan bahwa musim kemarau tahun ini sekitar 53 persen zona musimnya sama seperti musim kemarau normalnya, artinya curah hujannya sama. Sedangkan 35 persen di atas normal atau lebih basah dibanding kemarau biasanya, sisanya kemarau yang lebih kering," kata Herizal.

Dia menyebut, pengolahan lahan pertanian masih bisa dilakukan di wilayah yang memiliki musim kemarau di atas normal, atau lebih basah dibanding kemarau biasanya.

Herizal menyebutkan hingga saat ini wilayah Indonesia masih terjadi hujan dikarenakan fenomena La Nina yang masih berdampak dan diperkirakan mulai melemah pada Mei 2021. Fenomena La Nina yang menyebabkan tambahan curah hujan ini juga terjadi sepanjang tahun 2020 dan akhir 2019 yang turut membantu peningkatan produksi beras dalam negeri. Tanaman padi diketahui sebagai tanaman pangan yang membutuhkan banyak air dalam meningkatkan produktivitasnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BMKG Musim Kemarau 2021 Musim Tanam Pertanian Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

DPRD Jabar Kembali Ingatkan Masyarakat Jangan Mudik

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru 27 Persen

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi