DPRD Jabar: Longsor di Cisarua KBB Harus Jadi Perhatian Pemerintah Daerah

JABARNEWS | BANDUNG – Longsor yang terjadi di wilayah Cisarua Lembang, Kabupaten Bandung Barat langsung ditinjau oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari bersama Komisi IV DPRD Jabar.

Dalam tinjauan tersebut, Ineu mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat mengharapkan perbaikan jalan di wilayah ini (Lokasi Longsor), karena jalur ini merupakan akses bagi masyarakat maupun wisatawan untuk berkunjung ke Curug Cimahi.

“Sebagian masyarakat sudah mengharapkan perbaikan jalan ini, dikhawatirkan kedepannya akan terjadi kecelakan lalu lintas, kemudian longsor kembali yang mengakibatkan akses jalan ini terputus,” kata Ineu usai meninjau Lokasi longsor di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga:  674 Peserta Seleksi CPNS Kota Bandung Melaju Ke Seleksi Kompetensi Bidang

Dalam rangka menghadapi mudik lebaran tahun ini, menurut Ineu akan banyak wisatawan yang berkunjung, maka dari itu, hal ini menjadi perhatian bersama untuk segera ada perbaikan serta menemukan solusi bersama.

“Pemerintah Daerah khususnya Bina Marga sudah melakukan upaya-upaya, salah satunya yaitu dengan merelokasi dari jalan yang sekarang eksisting ke jalan yang dinyatakan ama,” tuturnya.

Baca Juga:  Kapolda bersama Pangdam gelar Silaturahmi Lintas Agama

Disinggung tentang dukungan yang akan diberikan DPRD terhadap relokasi jalan ini, Ineu menambahkan, bahwa ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah, dan juga dinas terkait agar rencana yang sudah dicanangkan di tahun 2022 untuk melakukan relokasi bisa dilakukan.

Sehingga kedepannya ada jalan yang betul-betul bisa digunakan dan tidak rawan longsor lagi ketika cuaca hujan turun di wilayah tersebut.

Hal serupa juga dikatakan oleh Anggota Komisi IV DPRD Jabar Jajang Rohana, dirinya menilai bahwa relokasi jalan merupakan upaya yang paling sesuai dan aman kedepannya, ketimbang melakukan konstruksi di sekitar wilaya ini karena tanahnya yang labil.

Baca Juga:  Duh... Upah Ribuan Honorer Di Tasik Tak Dibayar Selama Dua Bulan

“Kami (Komisi IV) menilai bahwa dengan upaya relokasi jalan ini adalah upaya yang tepat dan aman kedepannya, tetapi membutuhkan dana yang cukup besar,” ujar Jajang.

“Kami (Komisi IV) akan mendorong kepada Tim TAPD untuk bisa menganggarkan alokasi anggaran untuk Relokasi Jalan Provinsi di dekat Curug Cimahi ini,” tutupnya. (RNU)