Tiga Keutamaan Tadarus Al Quran Di Bulan Ramadhan, Bisa Memberikan Syafaat

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan suci Ramadhan memang selalu ditunggu kedatangan nya oleh umat muslim, hal tersebut terjadi karena pada bulan tersebut terdapat banyak kebaikan dan manfaat untuk kita.

Tak heran jika Umat Islam di seluluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk mencari kebaikan di bulan yang penuh berkah satu ini. Salah satu amal kebaikan yang banyak dijalankan oleh orang islam adalah tadarus Al-Quran.

Tadarus Al Quran sendiri memiliki banyak keutamaan, terutama saat Bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, berikut kami rangkum tiga keutamaan tadarus saat dilakukan di Bulan Ramadhan. Diantaranya:

Baca Juga:  Yasonna Batalkan Lapas Koruptor Di Pulau Nusakambangan

Pertama. Memberi syafaat di akhirat – Dalam Buku Saku Sukses Ibadah Ramadhan terbitan Pengurus Pusat Lajnah Ta’lif wan Nasyr Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tahun 2017, dijelaskan ibadah puasa dan membaca Alquran adalah dua ibadah serangkai yang akan memberi syafaat di akhirat nanti.

Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Puasa dan Al Quran akan memberi syafaat (pertolongan) pada seorang hamba di hari kiamat.” Puasa berkata: “Ya Tuhanku, karena aku orang tersebut menahan makanan dan syahwat. Berilah syafaat bagiku untuknya.”

Baca Juga:  Tiga Jenis Tanaman Jade Yang Cocok Untuk Dekorasi Interior Rumah

Al Quran juga berkata: “Ya Tuhanku, karena aku orang tersebut menahan tidak tidur di malam hari. Berilah syafaat bagiku untuknya.” (HR Ahmad dan Thabrani).

Kedua. Memperoleh kebaikan berlipat – Sebagaimana disebutkan oleh hadist Rasulullah:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga:  Ini Dia Ajang Kreasi Buat Wanoja Jajaka Jawa Barat Tahun Ini

Ketiga. Dikumpulkan di syurga bersama Malaikat – Hal itu sebagaimana sabda Nabi SAW berikut:

“Orang yang mahir membaca Al Quran kelak (mendapat tempat di syurga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al Quran, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim). (Mal)