Ternyata Ini Manfaat Minum Teh Saat Sahur dan Buka Puasa, Simak!

JABARNEWS | PURWAKARTA – Minum teh hangat ketika sahur dan buka puasa ternyata memiliki manfaat bagi tubuh dalam membantu menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Teh juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hal tersebut diungkapkan salah satu peneliti bidang pemuliaan tanaman di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Bandung, Dr. M. Khais Prayoga, saat dihubungi melalui telepon selulernya di Purwakarta, pada Jumat (16/4/2021).

“Mengkonsumsi teh hangat ketika sahur dan puasa di bulan ramadhan memiliki manfaat yang dapat membantu kebugaran tubuh selama seharian penuh,” ucap pria yang merupakan kelahiran Purwakarta itu.

Baca Juga:  Burung Milik Pak Guru Digondol Maling

Khais menegaskan bahwa ada dua manfaat khusus yang bisa didapatkan dari minum teh hangat ketika berpuasa.

Pertama ialah manfaat dari dalam teh itu sendiri, yang mampu meningkatkan antioksidan berlebih ketika berpuasa karena dapat membantu menjaga kebugaran tubuh.

“Kedua ialah air campuran teh, dimana yang membantu kita dalam mencukupi kebutuhan air putih harian sebanyak 8-10 gelas. Meski demikian, ketika berpuasa dianjurkan tetap mencukupi kebutuhan air putih untuk membantu memperlancar metabolisme tubuh selama puasa,” jelasnya.

Baca Juga:  TMMD Dirindukan Warga Desa Cisaat

Selama Ramadan, sambung Khais, minumlah teh saat berbuka puasa dan sahur untuk membantu proses rehidrasi dan menikmati manfaat kesehatannya.

“Teh hangat, memiliki manfaat berlebih dibandingkan air putih biasa karena mengandung antioksidan yang tinggi. Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan yang lebih banyak, teh juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan jantung,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Buka 3.523 Formasi Lowongan Kerja Sebagai ASN

Menurutnya, Teh mengandung polifenol tingkat tinggi yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Semua jenis teh dapat memperlambat proses penuaan dan membantu regenerasi dan perbaikan sel.

Selain itu, kata Khais, teh juga membantu menurunkan kadar hormon stres, kortisol, mengurangi iritabilitas, sakit kepala, insomnia, dan ketegangan.

“Teh dapat membantu menciptakan kondisi pikiran yang tenang dan aktif, karena teh mengandung lebih sedikit tingkat kafein dibandingkan kopi,” tungkasnya. (Gin)