Berikut Cara Dandim 0619 Purwakarta Jalankan Ibadah Puasa di Tengah Pandemi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bulan ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia termasuk di Kabupaten Purwakarta.

Menjalani ibadah puasa membuat sebagian umat Muslim merasa lemas dan tak bertenaga. Meski ini adalah hal yang wajar karena tubuh tak menerima asupan makanan dalam waktu yang cukup lama, namun jangan sampai hal tersebut memengaruhi aktivitas keseharian.

Menjalankan puasa di tengah pandemi ini, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan memberikan beberapa tips agar puasa bisa berjalan dengan lancar dan sehat.

“Puasa sehat di masa pandemi tidak jauh beda dengan puasa ramadhan tiap tahunnya. Sebenarnya pada saat puasa kita mengistirahatkan kerja organ pencernaan kita sekaligus detoksinasi bagi tubuh. Oleh karena tidak perlu khawatir dengan puasa kita menjadi kurus atau gemuk bahkan sakit karena menjalani puasa seharian,” ungkap Kris sapaan akrab Dandim 0619/Purwakarta, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Jumat (16/4/2021).

Baca Juga:  Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 1500 Meter

Menurutnya, ada cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap merasa fit saat berpuasa, sehingga ibadah dapat lebih optimal. Salah satunya adalah memerhatikan asupan dan kebiasaan makan saat sahur dan berbuka.

“Nutrisi sahur dan buka puasa harus diperhatikan. Ketika puasa, tubuh harus mendapat nutrisi yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya. Kontrol porsi makan. Tetap sahur dan buka dengan makanan yang bergizi serta mengakhirkan sahur,” tutut Kris.

Baca Juga:  Kota Bogor Kembali Terapkan Ganji Genap di Akhir Pekan, Pelaksanaan Dipersingkat

Dandim menambhakan, Bulan Ramadan seringkali dijadikan alasan untuk tak berolahraga. Sekilas terlihat masuk akal, karena olahraga membutuhkan tenaga ekstra dan berpotensi membuat Anda lebih cepat haus.

“Bulan puasa adalah momen paling tepat untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Tetap berolahraga meskipun olahraga ringan seperti jalan atau senam dan tetap perhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hindari rokok dan Tidur atau istirahat yang cukup,” bebernya.

Di masa pandemi seperti saat ini, lanjut Kris, tugas bertambah untuk menjaga kesehatan diri selama puasa. Meskipun puasa atau saat merasa tubuh lemas saat puasa, Anda tetap harus waspada untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Satu hal yang harus dijaga adalah protokol kesehatan saat menjalankan ibadah. Tetap jaga protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ucap Kris.

Baca Juga:  Program Transmigrasi Dinilai Sejalan dengan SDGs Desa, Ini Buktinya

Tak lupa Dandim 0619/Purwakarta, mengucap selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Sama seperti tahun lalu, puasa tahun ini masih berlangsung di masa pandemi virus corona, jadi tetap jaga kesehatan dan jangan lupa protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Semoga dengan beberapa tips tadi, kita senantiasa diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa ramadan di tengah pandemi covid 19 ini. Terus berlakukan protkes 5M sehingga kita terhindar dengan penularan dan penyebaran covid 19,” pesan Letkol Arm Krisrantau Hermawan. (Gin)