Kabar Baik Soal Dana BOS Madrasah dari Kemenag, Perhatikan!

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Agama (Kemenag) akan mencairkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi madrasah swasta mulai Rabu (31/3/2021), yang nilainya sebesar Rp3,6 triliun.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag A Umar mengatakan, penyaluran dana BOS kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana dilakukan oleh Kantor Kemenag kabupaten/kota atau Kantor Wilayah Kemenag provinsi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Tuntutan Massa Akan Saya Sampaikan ke Pemerintah Pusat

Pada tahun ini, menurut dia, Kemenag akan langsung menyalurkan dana BOS dari pusat, atau tanpa melalui Kemenag di kabupaten/kota maupun provinsi.

“Insya Allah, tidak kurang dari Rp3,6 triliun dana BOS bagi madrasah swasta akan mulai dikucurkan besok pagi,” kata Umar dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021), seperti dilansir Antara.

Umar mengatakan melalui mekanisme ini penyaluran dana bisa termonitor dengan baik. Di samping itu, Kemenag juga berharap madrasah swasta dapat memanfaatkan dana BOS yang disalurkan tersebut secara optimal.

Baca Juga:  Video: Fakta Dibalik Mobil Klasik Yang Terbakar di Pondok Indah

Menurutnya, indikator dana BOS itu bermanfaat jika seluruh pembelanjaan dilakukan untuk menunjang proses belajar mengajar dan menunjang prestasi siswa madrasah.

“Dan jangan lupa pikirkan para operator, jarena peran operator adalah sangat penting. Mohon dibantu kelancaran tugas kawan-kawan operator,” kata dia.

Baca Juga:  BNNP Jabar Musnahkan Ganja Senilai Rp. 2 Miliar

Hal ini perlu dia tekankan apalagi saat ini sistem penganggaran hingga pelaporan dana BOS dilakukan sudah terintegrasi melalui sistem aplikasi digital.

“Nantinya sistem pelaporan tidak lagi dilaksanakan secara manual, tapi sudah menggunakan aplikasi digital. Ini salah satu inovasi kita untuk memperbaiki tata kelola madrasah,” katanya. (Red)