Live Stream Bandung 132 TV


DPRD Jabar Setujui Pemekaran Bogor Timur dan Indramayu Barat

Rapat Paripurna DPRD Jabar. (Foto: Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG - Melalui Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyetujui usulan pemekaran Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat sebagai Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB).

"Maka dengan ini komisi satu menyatakan bahwa kedua daerah tersebut sangat layak untuk disetujui oleh DPRD Jawa Barat bersama Gubernur Provinsi Jawa Barat sebagai calon daerah persiapan otonomi baru," kata Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman dalam rapat Paripurna, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga:

Nekat Mudik Dini Hari, 15 Kendaraan Diputarbalikan di Pos Penyekatan Kadipaten

Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolres Serdang Bedagai Imbau Masyarakat Tidak Mudik



Dia menambahkan meskipun saat ini moratorium masih berlaku, pemerintah memberikan peluang kepada daerah untuk menyampaikan usulan pembentukan calon daerah persiapan otonomi daerah dengan ketentuan persyaratan yang disesuaikan dengan ketentuan di dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014.

Bedi memaparkan, daerah persiapan otonom baru akan ditetapkan dengan peraturan pemerintah dan dievaluasi oleh pemerintah selama 3 (tiga) tahun sebelum ditetapkan dengan undang-undang. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain persyaratan dasar terdiri dari persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar kapasitas.

Kemudian persyaratan administrasi yang terdiri dari keputusan musyawarah desa, persetujuan bersama DPRD Kabupaten induk dengan Bupati daerah induk, dan persit bersama DPRD Provinsi dengan Gubernur yang mencakup daerah persiapan kabupaten yang akan dibentuk.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : DPRD Jabar Bogor Timur Indramayu Barat Pemekaran Wilayah CDPOB Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

DPRD Jabar Kembali Ingatkan Masyarakat Jangan Mudik

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru 27 Persen

Heboh! Ada Hantu Sosialisasikan Larangan Mudik di Tasikmalaya

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi