Stok Menipis, Oded Ajak Warga Kota Bandung Donor Darah

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak warga Kota Bandung untuk mendonorkan darahnya ke PMI Kota Bandung. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 melanda, stok darah PMI Kota Bandung selalu terbatas.

Terlebih memasuki Ramadhan ini, stok darah di PMI Kota Bandung semakin menipis. “Saya dapat info, stok darah di PMI Kota Bandung menipis, sejak ada Covid. Apalagi sekarang bulan puasa,” kata Oded, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Ceu Popong dan Dr. Salim Bahas Isu Sensitif di Indonesia

“Oleh karena saya imbau kepada masyarakat Kota Bandung untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian donor darah. Sekarang ada masjid, artinya bisa donor darah malam setelah tarawih,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesjanto mengatakan bagi warga yang memerlukan darah diharapkan langsung menghubungi atau datang ke PMI Kota Bandung. Dia sarankan jangan menyebarkan di media sosial.

Baca Juga:  Shin Tae-yong Percara Diri Bisa Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

“Kita bekerja 24 jam dalam pengadaan darah. Jangan panik, bagi yang membutuhkan darah, datang ke PMI. Sertakan surat pengantar rumah sakit, nanti diberikan petunjuk PMI untuk memenuhi kebutuhan (darah),” ucap Ade.

Sedangkan, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bandung Uke mukhtimanah mengungkapkan, meski stok terbatas, PMI Kota Bandung mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:  Presiden dan Dubes Negara Sahabat Dipastikan Hadiri HPN 2020

“Kalau stok itu pikirannya simpan, kita tidak ada stok. Terpenting kita bisa memenuhi kebutuhan. Jangan dikatakan tidak ada darah, tapi darah itu selalu ada kita upayakan yang donor dan mobil unit,” ungkap Uke.

“Stok itu buat kita adalah untuk menargetkan disimpan. Itu tidak ada, karena kebutuhan sehari 500 labu. Kita hanya memenuhi 300-350 labu,” tutupnya. (RNU)