Live Stream Bandung 132 TV


Sesar Cimandiri Intai Empat Kecamatan, Warga Diminta Tak Dirikan Bangunan Tanpa Izin

Ilustrasi Sesar Cimandiri. (Foto: Net).

JABARNEWS | CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pemetaan wilayah rawan Sesar Cimandiri yang melintas empat kecamatan di Cianjur.

Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan mengatakan, sebelum hasil pemetaan keluar, pihaknya mengimbau warga di empat kecamatan seperti Haurwangi, Sukaluyu, Cibeber dan Campaka untuk tidak mendirikan bangunan tanpa izin.

Baca Juga:

Pantai Cemara Udang Cianjur Diserbu Wisatawan Lokal

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Tebing Tinggi



Selain itu, dia juga meminta warga untuk menghindari pinggiran sungai dan tidak mendekati perbukitan, saat membangun tempat tinggal atau bangunan lainnya.

"Sudah pasti keempat kecamatan yang masuk wilayah timur dan selatan Cianjur itu rawan terjadi bencana alam banjir dan longsor hingga pergerakan tanah karena sebagian besar wilayah tersebut masuk dalam Sesar Cimandiri, sehingga perlu segera dilakukan pemetaan mulai dari tingkat kerawanan hingga dampak luas," kata Irfan, Minggu (18/4/2021).

Dia menjelaskan, Sesar Cimandiri merupakan salah satu penyebab gempa berskala cukup besar di kawasan pantai selatan hingga Palabuhan Ratu. Sehingga warga di sepanjang patahan atau Sesar Cimandiri diimbau untuk tidak mendirikan bangunan tanpa izin.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Sesar Cimandiri BPBD Cianjur Cianjur Sesar Lembang Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Ditutup, Ini Kata GPK Jabar

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi