Inilah Tiga Keistimewaan Sholat Tahajud Saat Bulan Ramadhan

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pasalnya, saat Ramadhan pahala ketika kita melakukan kebaikan akan dilipat gandakan. Salah satu kebaikan yang bisa lakukan yakni Sholat Tahajud.

Sholat tahajud adalah salah satu salat sunnah yang memiliki kedudukan paling utama dibanding shalat sunnah lain. Bahkan, dialansir dari liputan6.com Ada yang menyebut sholat tahajud termasuk qiyamul lail, sebagaimana shalat tarawih dan witir yang dilakukan di malam hari disertai membaca Al-Qur’an dan berzikir.

Namun, sholat tahajud tidak bisa digantikan tarawih dan witir meskipun pahala keduanya sama. Dalam tafsir Imam Al-Qurthubi, sholat tahajud adalah bangun setelah tidur (haajid), kemudian menjadi nama shalat karena seseorang bangun untuk mengerjakan salat, maka tahajud adalah mendirikan shalat usai tidur.

Baca Juga:  Soal Dugaan Korupsi Dana Desa Pangkalan, Polres Purwakarta Tunggu Hasil Audit Inspektorat

Oleh karena itu, berikut beberapa keistimewaan dari sholat tahajud di Bulan Ramadhan. Diantaranya yaitu:

Pertama. Pembuka Pintu Surga – Keistimewaan sholat tahajud di Bulan Ramadhan yaitu salah satunya Pembuka Pintu Surga. Adapun mengenai hadits yang mengamini keistimewaan dari sholat tahajud di Bulan Ramadhan.

Seperti dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan salat tahajud yakni:

“Hai sekalian manusia! Sebarkan lah salam, dan bagikanlah makanan serta sambung lah silaturahmi dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk syurga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga:  Aksi Demo di Kantor DPRD, Ratusan Buruh di Serdang Bedagai Kecewa     

Kedua. Menghapus Dosa – Selama hidup di dunia, manusia pasti tidak akan luput dari dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil. Namun, Dosa tersebut bisa kalian hapus Dengan cara melakukan Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh hadits mengenai k keistimewaan shalat tahajud di bulan Ramadhan yang dapat menghapus dosa:

“Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga:  Nikita Mirzani Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik

Ketiga. Doa Dikabulkan – Saat orang muslim sering melakukan sholat tahajud terutama saat Di Bulan Ramadhan, doa nya akan selalu diijabah atau dikabulkan oleh allah SWT. Terlebih lagi bila orang tersebut melakukan sholat tahajud saat di waktu sepertiga malam terakhir.

Dalam sebuah hadist menjelaskan:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman:

“Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barang siapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari). (Mal)