Rawan Pergeseran Tanah, SAR Brimob Polda Jabar Tinjau Wilayah Cipanas Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Tim SAR Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar berpatroli SAR di sejumlah kawasan rawan longsor di wilayah Kabupaten Cianjur. Kegiatan patroli ini dipimpin Dantim SAR Briptu Frans Yepi, dan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk siaga bencana.

Briptu Frans Yepi mengatakan, pemantauan yang dilakukan meliputi tebing yang berada di Desa Batulawang Kecamatan Cipanas dimana Desa tersebut telah terjadi pergeseran tanah yang mengakibatkan terputusnya jalan antar dua desa.

Baca Juga:  Sosialisasi P4GN, Polres Purwakarta Sasar Pelajar SMAN 1 Wanayasa

“Kami melaksanakan patroli ini untuk mengantisipasi dan mengecek kembali situasi serta kondisi yang berada di Desa Batulawang, dikarenakan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Cianjur oleh karena itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan kami melaksanakan pengecekan kembali di lokasi tersebut,” kata Frans, Senin (19/4/2021).

Danki 3 Iptu Apep Yusup Maolana menyampaikan, Kegiatan itu merupakan wujud bakti Sat Brimob Polda Jabar kepada masyarakat dengan patroli di kawasan atau daerah yang rawan bencana untuk mengecek dan memantau secara langsung di lokasi tersebut.

Baca Juga:  Jelang Timnas Indonesia VS Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Ini Imbauan Bupati Bandung

“Patroli SAR bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat melakukan aktivitas dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati serta tingkatkan kewaspadaan karena cuaca beberapa hari ini tidak menentu,” ucap Apep

Di tempat terpisah, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono juga mengemukakan bahwa, Patroli kawasan bencana menjadi salah satu giat rutin yang dilakukan Tim SAR Batalyon B Pelopor. Masyarakat juga tetap diimbau berhati-hati dengan cuaca yang tidak menentu, ini merupakan wujud bhakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat.

Baca Juga:  Hore! Ciamis Siapkan Dana Rp4,5 Miliar untuk Warga yang Tak Kebagian Bansos dan Terdampak Kenaikan BBM

“Kami sudah siapkan personel dan segala peralatan manakala nantinya dibutuhkan, kami juga sudah melakukan pengecekan semua peralatan yang ada,” ujar Yuri.

“Hal ini sangat penting kami lakukan, utamanya personel agar sewaktu-waktu terjadi peristiwa unit SAR sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak,” pungkasnya. (Red)