Tiga Jenis Hidangan Sahur ini, Bikin Kalian Kuat Saat Berpuasa

JABARNEWS | BANDUNG – Makanan yang dikonsumsi saat sahur, sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita saat menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini. Maka dari itu, kalian harus pintar memilih menu sahur.

Menurut salah satu ahli gizi asal Singapura General Hospital bernama Tan Sheau Kang yang dilansir dari popmama.com, “Ketika kamu memutuskan apa yang hendak dimakan selama bulan Ramadhan, ingatlah bahwa waktu sahur dan berbuka puasa dapat membantu mempertahankan puasa pada hari berikutnya.”

Hal tersebut setidaknya membuat kalian untuk bisa lebih mengatur jenis makanan apa yang akan dikonsumsi saat bulan puasa, terutama saat sahur. Karena itu, salah satu alasan mengapa makanan yang disediakan saat sahur harus menyediakan energi yang cukup untuk berpuasa seharian.

Baca Juga:  Perpisahan, Sandiaga Minta Doa Restu, Anies: Barakallah, Bro!

Oleh sebab itu, berikut beberapa makanan yang mesti ada di dalam menu sahur agar kuat puasa seharian. Diantaranya yakni:

Pertama. Beras merah dan roti gandum – Beras merah dan roti gandum merupakan kedua makanan yang bisa menggantikan nasi putih, hal tersebut terjadi karena kandungan serat yang ada dalam kedua makanan tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh kita saat menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini.

Baca Juga:  Polres Cianjur Berhasil Amankan Pelaku Pembakaran Mobil Caleg DPR RI, Ini Motifnya

Selain itu, dengan mengkonsumsi beras merah tubuh kalian akan menjadi lebih sehat. Apalagi ketika kalian mengkombinasikannya dengan menu hidangan lainnya yang membuat manfaat dari makanan tersebut bertambah.

Kedua. Buah dan sayuran – Tidak hanya kaya akan serat, buah-buahan dan sayuran sangat penting dikonsumsi selama berpuasa lantaran dapat meningkatkan rasa kenyang. Bahkan kedua makanan ini juga bisa membantu mencegah sembelit.

Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemicals yang bisa menjaga kesehatan tubuh baik. Tentunya hal tersebut membuat tubuh kalian akan terasa lebih sehat dan bugar.

Baca Juga:  Ceu Popong: Indonesia Merdeka Bukan Hadiah Tapi Hasil Pengorbanan Para Pahlawan

Ketiga. Daging dan susu – Ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu yang rendah lemak adalah sumber protein yang baik sekaligus membatasi asupan lemak. Jadi ketika kalian berbuka puasa dengan makanan yang kaya lemak jenuh (Gorengan) akan sedikit merasa aman. Namun tetap tidak boleh berlebihan.

Manfaat lainnya adalah membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta membangun sistem kekebalan pada tubuh. Hal tersebut tentunya menjaga tubuh kita agar selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. (Mal)