Safari Ramadhan di Purwakarta, Uu Ruzhanul Ulum Sampaikan Pesan Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Rangkaian Safari Ramadhan Tahun 1442 H/2021 ke tiap kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Barat terus dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Di Kabupaten Purwakarta, Uu Ruzhanul Ulum itu mengunjungi Masjid Jami Salafiyah yang terletak di Jalan Veteran, Gang Beringin, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta.

Dia mengatakan, safari Ramadhan ini merupakan kebiasaan pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah sebagai ciri khas muslim Indonesia.

Baca Juga:  Herman Suherman Dianggap Tak Peduli Kondisi Warganya, LMP: Lucu Kok Hak Rakyat Dipersulit

“Inti dari Safari Ramadhan Pemprov Jabar guna melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat, sekaligus syiar Islam di bulan suci Ramadhan,” ungkapnya, saat ditemui usai kegiatan tersebut, pada Senin (19/4/2021).

Menurutnya, dengan sering bersilaturahim berarti pemimpin telah membangun hubungan emosional, rasa kekeluargaan, dan saling memiliki dengan rakyat. Sehingga program-program pembangunan apapun itu mendapat dukungan masyarakat.

Baca Juga:  Kades DPO Kasus Korupsi Berhasil Ditangkap Kejari Garut

“Mudah-mudahan dari kegiatan ini juga bisa diambil hikmah silaturahim yang luar biasa. Silaturahmi sangat penting terutama membangun kebersamaan dan hubungan emosional,” ucap mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Uu RUzhanul Ulum juga mengingatkan, seorang muslim yang baik akan memperhatikan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah. Pada fitrahnya selain dengan Sang Pencipta, manusia juga harus harmoni dengan sesama manusia dan alam sekitar.

Baca Juga:  KPID Jabar Minta Lembaga Penyiaran Lebih Profesiaonal dalam Pemberitaan Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar

“Maka silaturahim menjadi implementasi ibadah ghairu mahdhah sebagai bagian dari kesalehan sosial,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Uu Ruzhanul Ulum juga mengimbau agar ada rasa saling menghormati antar umat beragama pada bulan suci Ramadhan dengan menghargai siapapun yang tengah menjalankan ibadah puasa.

“Mari kita tingkatkan amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan, jangan berhenti beraktivitas dan terapkan prokes,” pesannya. (Gin)