Live Stream Bandung 132 TV


Aturan Baru Pemerintah, TKI dan Pekerja Swasta Dilarang Mudik Lebaran

Mudik Lebaran (Foto: Media Indonesia)

JABARNEWS | JAKARTA - Tak Jauh beda dengan Pegawai negeri sipil (PNS). Kini Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dilarang untuk mudik lebaran. Kebijakan tersebut merupakan tindakan lanjutan dari larangan mudik pemerintahan pada Periode 6-17 Mei Mendatang.

"Mengimbau kepada Pekerja/Buruh swasta dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk tidak melakukan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah pada tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip dari detikcom Minggu (18/4/2021).

Baca Juga:

Hari ke-3, Sudah 836 Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Kabupaten Bandung

Puluhan Kendaraan Pemudik Di Pos Penyekatan Polresta Deli Serdang Diputarbalikan



Kebijakan ini dilakukan sebagai salah satu pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang berpotensi kembali meningkat akibat banyaknya mobilitas masyarakat saat mudik Lebaran.

Selain TKI, pekerja swasta juga termasuk sebagai yang tidak diperbolehkan mudik lebaran. Hal tersebut tertuang langsung dalam surat edaran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor M/7/HK.04/IV/2021, tentang Pembatasan Kegiatan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah bagi Pekerja atau Buruh dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam Upaya Pengendalian Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Namun, pemerintah juga memberi sedikit kelonggaran, dengan cara memperbolehkan pekerja yang mengalami kondisi darurat seperti mudik karena keluarga sakit, anggota keluarga meninggal, kondisi hamil yang harus di dampingi keluarga hingga kepentingan persalinan yang boleh didampingi oleh dua orang.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Larangan Mudik TKI Pekerja Swasta Menaker PMI Menteri Ketenagakerjaan Dilarang Mudik Jabarnews

berita terkait

Penyekatan Mudik Cileunyi, Kembali Amankan Dua Travel Gelap

Lolos Dari Penyekatan Mudik, Travel Gunakan Cara Ini

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi