TK SD dan SMP di Cimahi Uji Coba PTM Selama 6 Hari, Ini Jadwalnya

JABARNEWS I CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi akan menggelar uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19 setelah lebaran Idul Fitri.

Uji coba pembelajaran tatap muka di Cimahi itu dilaksanakan sebagai persiapan untuk rencana PTM yang bakal dimulai Juli mendatang. 

“Kita uji coba dulu. Direncanakan bulan Juli untuk tatap muka,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Senin (19/4/2021).

Berdasarkan jadwal dari Dinas Pendidikan Kota Cimahi, uji coba PTM akan dilaksanakan selama enam hari, yakni pada 24-29 Mei mendatang di tiga kecamatan secara bergiliran.

Ngatiyana menegaskan, apabila dari uji coba tersebut tidak memicu klaster baru penularan Covid-19, maka PTM akan dilanjutkan. Namun, jika hasilnya malah memicu klaster baru Covid-19, maka akan dilakukan evaluasi.

Baca Juga:  Kesos Konsisten Capai Kepuasan Tertinggi, Kemensos Perkuat Pembinaan SDM PKH

“Kalau menimbulkan klaster baru, sekolah bisa ditutup kembali untuk tidak melaksanakan tatap muka,” tegas Ngatiyana.

Selain hasil uji coba, penentuan dibukanya kembali siswa belajar di sekolah juga tergantung kepada izin dari orang tua. Sejauh ini, baru sekitar 49 persen orang tua di tingkat SD yang setuju PTM, sedangkan untuk jenjang SMP sudah sekitar 80 persen yang menyetujui. 

“Izin orang tua jelas menentukan juga. Kan PTM hanya untuk sekolah yang sudah mendapatkan izin orang tua,” beber Ngatiyana.

Baca Juga:  Inilah Tips di Awal Bulan Supaya Hidup Teratur

Jika PTM jadi dihelat Juni mendatang, lanjut Ngatiyana, maka harus dilaksanakan seketat mungkin sesuai aturan di tengah pandemi Covid-19 ini. Apalagi, akhir-akhir ini kasusnya kembali mengalami peningkatan di Kota Cimahi.

Kini sudah ada 4.831 orang di Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya, yang sudah sembuh 4.387 orang, meninggal 114 orang dan masih positif aktif ada 330 orang.

“PTM harus dilakukan seketat-ketatnya. Untuk TK saja hanya dibolehkan 5 orang per kelas, untuk SD dan SMP maksimal 18 orang, durasinya juga dibatasi,” tukas Ngatiyana.

Baca Juga:  Quick Count Pilbup Bandung Barat: Aa Umbara - Hengky Kurniawan Unggul

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono menambahkan, uji coba sekolah tatap muka akhir Mei nanti akan dibagi ke dalam tiga rayon, yakni Utara, Tengah dan Selatan.

“Jadi bergilir simulasinya. Misalnya tanggal 24 itu untuk wilayah Utara uji coba TK, Tengah SD dan Selatan SMP. Besoknya bergiliran,” terangnya.

Harjono menegaskan, uji coba PTM ini dilakukan untuk mematangkan sekolah tatap muka yang rencananya digelar Juli nanti. Dengan catatan, PTM hanya dilaksanakan oleh sekolah yang sudah mendapat izin dari orang tua. (Yoy)