Wisata Curug Cimedang Tasikmalaya, Cocok Untuk Liburan

JABARNEWS | BANDUNG – Wilayah Jawa Barat dengan topografi pegunungan memang menyajikan potensi wisata alam nan indah. Paduan wisata alam curug dikenal menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah-daerah dengan ciri khas pegunungan. Salah satunya adalah Curug Cimedang, lokasinya di Kampung Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Cimedang ini merupakan bagian dari Gunung Galunggung. Curug Cimedang sendiri merupakan nama curug yang berasal dari nama aliran sungai kecil yang mengalir ke air terjun tersebut. Curug mungil ini hanya memiliki tinggi sekitar 5 meter saja, walaupun begitu suasana di lokasi ini sangat sejuk, teduh karena masih banyak pepohonan.

Baca Juga:  Gegara Vaksinasi, 2 Tempat Wisata di Pangandaran Ini Bisa Ditutup

Selain kondisi airnya yang sangat jernih, curug ini juga memiliki kolam yang lumayan besar sekitar 10 meter lebarnya dengan kedalaman sekitar 1,5 meter sehingga aman untuk bermain air.

Selain itu di sisi sebelah kiri curug ini dindingnya berongga seperti mulut goa yang menambah keunikan dari tempat ini. Kondisi sungainya berpasir sehingga di lokasi ini terdapat penambangan pasir untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca di Bandung Raya Selasa 28 Maret 2023, Berikut Informasinya

Sementara itu, untuk akses ke wisata air terjun ini, Anda bisa mengarahkan kendaraan dari kota Tasikmalaya ke menuju Alun-Alun Singaparna dengan jarak hanya 11 kilometer. Dari Singaparna kemudian berputar ke arah Sariwangi, lalu melewati Kampung Malaganti, Malaganti Center atau stasiun pemancar televisi lokal dekat villa.

Baca Juga:  Kejar Target 500.000 per Hari, Pemprov Jabar Gelar Gebyar Vaksinasi

Kurang lebih 300 meter ke barat ada pertigaan sebelum lapangan bola, lalu ke arah kiri sekitar 700 meter. Di sana ada penambangan pasir. Kemudian, jalan kaki ke arah bawah menuruni jalan tembok, arah Sungai Cimedang, air terjun berada di sebelah barat, setelah itu menyisir sisi sungai sekitar 20 meter dan sampai di Curug Cimedang. Bila via rute Bandung Ciawi bisa belok dari Cisayong masuk jalan Cisinga. (Mal)