Bolehkah Mudik Sebelum 6 Mei? Ini Penjelasannya

JABARNEWS | JAKARTA – Juru bicara penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menanggapi terkait diperbolehkannya mudik Lebaran sebelum 6 Mei 2021 atau setelah 17 Mei 2021.

Menurutnya masyarakat yang akan melakukan perjalanan di tanggal tersebut harus tetap disiplin protokol kesehatan.

“Masyarakat yang melakukan perjalanan sebelum atau setelah tanggal tersebut tetap perlu menjunjung prinsip kehati-hatian karena virus ini dapat mengancam di mana saja dan kapan saja,” kata Wiku dalam konferensi pers di kanal BNPB, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga:  Peminat CPNS di Pangandaran Wajib Simak Kabar Baik Ini!

Dia kembali mengingatkan bagi siapapun yang akan bepergian untuk mengikuti aturan yang berlaku pada saat ini.

Wiku juga meminta pemerintah daerah untuk tegas menindak para pemudik agar tidak terjadi penularan karena mobilitas yang terjadi.

“Siapapun yang hendak bepergian harus mengikuti aturan yang berlaku pada saat ini di mana SE Satgas untuk pelaku perjalanan dalam negeri menjadi acuannya” ucapnya.

Baca Juga:  Tak Ada Sekda Definitif, Pakar Sebut Pemkot Bandung Bisa Pincang

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono menyebutkan, pihaknya akan mempersilahkan bagi masyarakat yang mudik sebelum tanggal 6 Mei.

“Kalau ada yang mudik awal, ya silahkan, kita perlancar,” ujarnya saat meninjau skema penyekatan mudik, Kamis (15/4/2021).

Meski demikian, Istiono menyebutkan, pihaknya akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak mudik. Sosialisasi, lanjut dia, digencarkan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan yang sedang berlangsung hingga sebelum tanggal 6 Mei.

Baca Juga:  DLH Kab. Bandung Hanya Mampu Sekali Angkut Sampah di Pasar Sayati

“Operasi Keselamatan itu bertujuan mengingatkan untuk tidak mudik di tanggal 6 Mei sampai 17 Mei,” tuturnya.

Meski mempersilakan mudik sebelum tanggal 6 Mei, Istiono tetap mengingatkan masyarakat untuk tidak nekat melakukan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2021. “Setelah tanggal 6 Mei, mudik tidak boleh,” tutupnya. (Red)