Konsumsi Energi Indonesia Meningkat, Pertamina Operasionalkan Dua Kapal Tanker Raksasa

JABARNEWS | BANDUNG – Direktur Utama Pertamina International Shipping (PIS) Erry Widiastono mengatakan, saat ini, di Indonesia terdapat tren positif total konsumsi energi dari berbagai jenis bahan bakar.

Konsumsi energi final Indonesia mengalami kenaikan sebesar 3,5 persen CAGR dari 100,1 juta mtoe pada tahun 2000 menjadi 185,5 juta mtoe pada tahun 2018.

PIS melihat bahwa kebutuhan akan konsumsi energi kian hari mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Mulai dari meningkatnya permintaan dalam penggunaan bahan bakar untuk moda transportasi hingga peningkatan shipping LPG untuk kegiatan rumah tangga. Kebutuhan akan BBM dan LPG adalah hal yang fundamental bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak 22 Oktober 2021: Selamat! Ada yang Mendapatkan Kabar Baik Seputar Karir

“Kami melihat adanya peningkatan konsumsi energi di Indonesia yang cukup signifikan, kami optimis dapat terus memenuhi kebutuhan energi untuk negeri. Hadirnya VLCC Pertamina Pride di perairan Indonesia menunjukkan fokus kami sebagai perusahaan shipping yang terdepan baik Nasional maupun Regional,” kata Erry dalam keterangan yang diterima, Rabu (21/4/2021).

Selain itu, dia menambahkan bahwa dengan menghadirkan 2 VLCC yang operasikan, Pertamina Pride dan Pertamina Prime yang sudah diserahterimakan pada 30 Maret 2021, pihaknya siap untuk melaksanakan perintah negara melalui Menteri BUMN.

Baca Juga:  Seremonial Pembangunan Jalan di Bandung Barat Jadi Ajang Kerumunan?

Serta, lanjut Erry, dalam memenuhi ekspektasinya agar PIS dapat menjadi yang terdepan di bisnis marine dan logistik baik dalam mewujudkan ketersediaan dan keberlanjutan energi di dalam negeri maupun bersaing dan menguasai pasar internasional.

“Mari kita maju bersama dengan kekuatan penuh menyongsong masa depan PIS, menuju Integrated Marine dan Logistic Company. Shipping The Energy Worldwide, Energizing The Nation with Pride, PT PIS Delivering Promise,” ucapnya.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Rhaisya Candrika Sang Juara Putri Remaja Purwakarta

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa transformasi seluruh unit bisnis di Pertamina menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

“Bermuaranya VLCC Pertamina PRIDE diharapkan menjadi kekuatan tersendiri dalam menjaga ketahanan energi nasional, yang tidak hanya melayani Pertamina namun dapat menjadi global player dan siap bersaing dengan didasari oleh Good Corporate Governance” ujar Erick.

Kehadiran VLCC Pertamina PRIDE di perairan Indonesia, juga diharapkan dapat mempermudah alur distribusi energi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. (RNU)